Jakarta (ANTARA News) - Liverpool langsung meloncat dua tingkat ke puncak klasemen Liga Premier setelah membungkan tuan rumah West Ham United malam ini dengan skor 2-1 berkat dua gol Steven Gerrard.

Mendominasi baik penguasaan bola maupun penciptaan peluang gol, Liverpool agak sedikit kesulitan menaklukan West Ham yang berperingkat 11.

Luis Suarez langsung mengirimkan ancaman pada menit-menit awal dan setidaknya tiga kali pada menit-menit berikutnya, selain juga dari para pemain seperti Andy Carroll dan Daniel Sturridge. Sebaliknya Stewart Downing dan Mohamed Diame menjadi diantara sedikit pemain West Ham yang turut menebar ancaman.

Namun baru pada menit 44 sebuah gol tercipta untuk Livepool setelah Steven Gerrard sukses mengeksekusi tendangan penalti menyusul hand ball James Tomkins di kotak penalti West Ham.

Namun tiga menit menit dari gol itu, West Ham menyamakan kedudukan lewat Guy Demel dari sebuah tendangan jarak dekat usai memanfaatkan sepak pojok.

Wasit sempat berunding sejenak sebelum memutuskan bahwa gol Demel ini sah. Kedudukan menjadi 1-1 untuk kedua tim.

Dipacu untuk meraih poin penuh demi mengamankan posisi di jalur puncak klasemen Liga Premier, Brendan Rodgers memasukkan Lucas Lieva untuk menggantikan Philippe Coutinho.

Liverpool terus menekan dan nyaris unggul lebih dini jika saja sundulan Andy Carroll tidak membentur tiang gawang, sedangkan dua upaya Sturridge hanya melewati mistar gawang.

Akhirnya pada menit 71, Liverpool merestorasi keunggulannya dan uniknya juga dari tendangan penalti yang dihadiahkan wasit setelah Jon Flanagan dilanggar Adrian.

Gerrard kembali menjadi eksekutor tendangan penalti dan untuk kedua kalinya sukses mengeksekusinya sehingga kedudukan berubah 2-1 untuk Liverpool.

Kedua tim semakin gencar bertransaksi serangan setelah gol kedua Gerrard ini namun tidak satu pun gol tercipta lagi sampai pertandingan berakhir.

Liverpool pun naik ke puncak klasemen dengan 74 poin atau dua poin di atas Chelsea dan empat poin di atas City yang menempati urutan tiga.

Susunan pemain:
West Ham United
: Adrian, Winston Reid, James Tomkins, Pablo Armero, Guy Demel, Kevin Nolan (Antonio Nocerino), Matthew Taylor (Matthew Jervis), Mark Noble, Mohamed Diame (Carlton Cole), Stewart Downing, Andrew Carroll

Liverpool: Simon Mignolet, Glen Johnson, Mamadou Sakho, Martin Skrtel, John Flanagan, Steven Gerrard, Philippe Coutinho (Lucas),  Jordan Henderson, Luis Suarez, Daniel Sturridge (Kolo Toure), Raheem Sterling

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014