Jakarta (ANTARA News) - Perusahaan teknologi 3M menawarkan dua produk terbaru, Novec dan Volition, untuk melindungi data center (pusat data) dari kerusakan akibat terbakar.

"3M memahami bahwa data center merupakan aset terpenting yang harus dilindungi dari bahaya fisik yang mengakibatkan kelumpuhan dan kerugian besar," kata Country Business Leader Electronic and Energy Business Group PT 3M Indonesia, Mateus Bernath, di Jakarta Selasa.

Ia menyatakan, data center hendaknya dilengkapi pemadam api yang dapat mematikan api dengan cepat dan aman untuk komputer.

Yang pertama 3M Novec, berupa cairan kimia inovatif yang tidak dapat terbakar dan tidak dapat terkonduksi, sehingga aman digunakan untuk berbagai macam pengaplikasian.

"Novec ini ada dua jenis, yaitu Novec Immersion Cooling berupa sistem perendaman yang dapat mendinginkan server dan mengurangi biaya pendinginan hingga 80 persen," kata Senior Application Development Specialist 3M Asia Pacific, George Ip.

"Sedangkan yang kedua Novec Fire Protection Fluid berupa cairan yang akan berubah menjadi gas saat diberi tekanan, sehingga dapat memadamkan api dengan aman," tambahnya.

Selain Novec, perusahaan ini juga memperkenalkan Volition Network Solutions, yaitu sistem pengkabelan jaringan berperforma tinggi untuk mengurangi tenaga kerja serta komponen data center.

Sistem ini juga mempunyai rangkaian komponen aksesoris yang menunjang kinerja jaringan kecepatan tinggi mulai dari konektor, patch panel dan kotak distribusi.

"Novec dan Volition dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi data center perusahaan yang berpengaruh langsung pada kinerja perusahaan," tutup Mateus.

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014