Makassar (ANTARA News) - Tim rowing Indonesia berencana menggelar "try out" ke Jepang sebagai persiapan menghadapi Asian Games di Inchoen, Korea Selatan, 19 September - 4 Oktober 2014.

Atlet pelatnas Rowing Indonesia, Arief, saat dihubungi dari Makassar, Kamis, mengatakan, tim yang akan mengikuti kejuaraan di Jepang pada April 2014 itu merupakan tim inti Asian Games Korea Selatan.

"Atlet yang berangkat nanti informasinya terdiri dari delapan pedayung putra dan empat putri. Atlet ini yang akan masuk tim inti menghadapi Asian Games. Mudah-mudahan saya salah satunya yang berangkat," harap Arief yang saat ini sedang menjalani Pelatnas di Pangalengan, Jawa Barat.

Peraih dua emas SEA Games Myanmar itu menjelaskan, saat ini masih terdapat 16 atlet yang fokus mengikuti Pelatnas. Dari 16 atlet tersebut, kata dia, nantinya hanya tinggal menyisakan 12 saja yang terdiri dari delapan pedayung putra dan empat putri.

"Untuk putra dan putri akan gugur masing-masing dua orang. Saya sendiri tetap optimistis kembali bisa bersaing sekaligus memperkuat Indonesia di Kejuaraan Jepang dan Asian Games 2014," katanya.

Ketua Bidang Pembinaan Prestasi KONI Sulsel Nukhrawi Nawir mengatakan, peluang atlet andalannya menembus tim inti Asian Games cukup terbuka. Selain memiliki kualitas, atlet yang juga anggota TNI itu juga memiliki pengalaman dan prestasi di kejuaraan dunia, termasuk SEA Games 2013.

KONI Sulsel juga berharap agar Arief bisa tetap fokus berlatih karena untuk bisa memperkuat Indonesia di Asian Games tentu tidak akan mudah karena bersaing dengan para pedayung terbaik dari sejumlah daerah.

"Dua pedayung kami yang masuk pelatnas seperti Arief dan Anwar Tarra masih menjadi salah satu yang terbaik. Namun kami tentu berharap agar atlet tidak cepat berpuas diri apalagi persaingan di Pelatnas masih cukup terbuka," ujarnya.

Manajer Timnas Dayung Young Mardinal mengatakan, pihaknya juga akan mempersiapkan timnas perahu naga atau Traditional Boat Race (TBR) menjalani try out ke Singapura, Mei 2014.

Keterlibatan tim perahu naga dimaksudkan untuk mengetahui kondisi tim serta kekuatan tim negara lain sebelum berlaga di SEA Games Singapura 2015. Timnas perahu naga rencananya akan tampil pada dua nomor lomba yakni 200 dan 500 meter.

Selain tampil di Kejuaraan di Singapura, timnas perahu naga juga dipersiapkan mengikuti ajang serupa di Penang Malaysia pada Juni-Juli 2014. Untuk agenda try out ini rencananya melibatkan 22 pedayung putra dan 12 pedayung putri.

(KR-AKR/F003)

Pewarta: Abd Kadir
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014