Jakarta (ANTARA) - Deretan film menarik telah hadir di layanan video berbayar KlikFilm pada bulan Mei tahun ini bagi para pencinta film Indonesia, mulai dari film komedi hingga dokumenter yang berhasil meraih berbagai nominasi penghargaan.

Dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Selasa (21/5), deretan film yang dihadirkan KlikFilm adalah “One Life”, “La Chimera”, “Bank Of Dave”, Dream Scenario”, “Song Of Earth”, “Femme”, dan “Cek Ombak”. Berikut sinopsis dan hal menarik dari masing-masing tersebut.

1. “Dream Scenario”

Film ini mengikuti kisah Paul Matthews (Nicolas Cage), yakni seorang profesor biologi di sebuah kampus. Paul yang sopan memiliki kehidupan biasa layaknya seorang pendidik dan suami saat di rumahnya.

Namun, hidupnya mulai berubah ketika dirinya muncul dalam mimpi orang lain secara acak. Dalam salah satu mimpi, Paul sempat mengalami suatu bencana.

Sayang, dia tidak bisa bereaksi maupun ikut campur dengan dunia mimpi itu. Di dunia nyata, Paul bertemu dengan mantan kekasihnya saat dia sedang bersama sang istri, Janet (Julianne Nicholson).

Mantan kekasih yang bekerja sebagai jurnalis itu mengaku bertemu Paul di mimpinya dan meminta izin untuk menulis artikel tentang kejadian itu. Ratusan orang kemudian mengaku mengalami hal yang sama dan mereka juga melihat Paul dalam mimpi masing-masing.

Namun, Paul merasa kecewa karena penggambaran dirinya dalam setiap mimpi selalu pasif dan terlihat tidak menarik. Masalah pun muncul saat istrinya ternyata tak pernah melihat Paul dalam mimpi-mimpinya.

Sementara itu, film “Dream Scenario” menerima banyak ulasan positif dan berhasil dinominasikan dalam berbagai penghargaan, termasuk Penghargaan Golden Globe untuk Aktor Terbaik di Film Musikal atau Komedi untuk Nicolas Cage.

Baca juga: Film adaptasi "Demi Si Buah Hati" dapat disaksikan di layanan KlikFilm

Baca juga: Film biografi "The Iron Claw" tayang di KlikFilm mulai April 2024


2. “One Life”

“One Life” merupakan film drama biografi tahun 2023 yang disutradarai oleh James Hawes.

Berdasarkan kisah nyata Nicholas Winton, tokoh kemanusiaan Inggris, film ini menceritakan sudut pandang antara Anthony Hopkins sebagai Winton berusia 79 tahun yang mengenang masa lalunya, dan Johnny Flynn sebagai Winton berusia 29 tahun.

Saat itu, Winton berusaha untuk membantu anak-anak Yahudi di Cekoslowakia yang telah diduduki Jerman agar bersembunyi dan melarikan diri pada tahun 1938–1939, tepat sebelum dimulainya Perang Dunia II.

“One Life” dibintangi deretan bintang berbakat, antara lain Helena Bonham Carter, Lena Olin, Romola Garai, Alex Sharp dan Jonathan Pryce.

Menariknya, “One Life” berhasil melakukan penayangan perdananya di Festival Film Internasional Toronto pada 9 September 2023 dan di Festival Film London 2023.

3. “La Chimera”

“La chimera” adalah sebuah film drama komedi periode tahun 2023 yang ditulis dan disutradarai oleh Alice Rohrwacher. Film ini dibintangi oleh Josh O'Connor sebagai arkeolog Inggris yang terlibat dalam jaringan internasional artefak Etruria yang dicuri selama tahun 1980-an.

Bagi kelompok tombaroli, yakni pencuri barang kuburan kuno dan keajaiban arkeologi, ‘Chimera’ diartikan sebagai pembebasan dari pekerjaan dan impian kekayaan yang mudah. Namun bagi Arthur, ‘Chimera’ tampak seperti wanita yang hilang.

Untuk menemukannya, Arthur menantang sesuatu tak kasat mata dan mencari benda tersebut hingga ke manapun. Akankah Arthur dapat menemukannya?

Pada 26 Mei 2023, “La Chimera” berhasil tayang perdana di Festival Film Cannes ke-76 dan bersaing memperebutkan Palme d'Or, yakni salah satu kategori utama di ajang tersebut.

4. “Bank Of Dave”

Berdasarkan pengalaman nyata dari Dave Fishwick, “Bank of Dave” menceritakan seorang pria bernama Burnley. Film ini akan menyorot kisah perjuangan Burnley dari seorang pekerja biasa hingga menjadi jutawan yang berjuang untuk mendirikan sebuah komunitas bank.

5. “Song Of Earth”
Film dokumenter asal Norwegia ini telah tayang pada tahun 2023 dan ditulis serta disutradarai oleh Margreth Olin. Film dokumenter ini akan memperlihatkan Olin bersama ayahnya yang berusia 85 tahun selama satu tahun di lingkungan alam Oldedalen di Vestland, tempat Olin dibesarkan.

Menariknya, “Song Of Earth” terpilih sebagai perwakilan Norwegia untuk Film Fitur Internasional Terbaik di Academy Awards ke-96.

6. “Femme”

Film ini mengisahkan tentang Jules yang menjadi sasaran serangan homofobia yang mengerikan dan telah menghancurkan hidup serta kariernya.

Beberapa waktu setelah kejadian itu, Jules bertemu dengan salah satu penyerangnya bernama Preston di sebuah sauna. Jules pun ingin membalas dendam atas perbuatannya itu. Akankah dirinya berhasil?

Sementara itu, “Femme” adalah film thriller Inggris tahun 2023 yang ditulis dan disutradarai oleh Sam H. Freeman dan Ng Choon Ping dalam debut fitur mereka.

Film ini merupakan adaptasi panjang dari film pendek berjudul sama yang tayang pada tahun 2021 dan berhasil mendapat nominasi BAFTA. Selain itu, film ini berhasil tayang perdana di Panorama Festival Film Internasional Berlin ke-73 pada 19 Februari 2023.

7. “Cek Ombak”

Terakhir, ada film asal Indonesia yang mengisahkan dua sejoli bernama Igo dan Kika. Keduanya pun ingin mengaku di depan orangtuanya masing-masing bahwa mereka telah pacaran.

Namun, rencana tersebut terpaksa mereka urungkan karena orang tua mereka telah menikah diam-diam dan tinggal di satu rumah yang sama. Keduanya pun berusaha mengubah perasaannya karena status mereka kini sebagai kakak-adik. Akankah keduanya berhasil melakukannya?

Baca juga: Berbagai film jebolan festival hadir di KlikFilm

Baca juga: Shenina Cinnamon dan Chicco Kurniawan reuni di "Cross The Line"

Baca juga: "The Wandering Moon" sudah dapat disaksikan di Indonesia

 

Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024