Kabupaten Bogor (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, melibatkan Institut Pertanian Bogor (IPB) University dalam mengatasi kemacetan di Dramaga bersamaan dengan pengembangan area Kampus IPB.

Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor Suryanto Putra di Cibinong, Selasa, mengungkapkan penataan kawasan Dramaga yang dibantu Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat itu mengedepankan konsep Dramaga University Town.

"Penataan kawasan Dramaga melalui konsep Dramaga University Town ini diharapkan dapat mengurangi kemacetan di Bogor Barat," ungkap Suryanto.

Saat ini Pemerintah Kabupaten Bogor bersama IPB University sedang merancang penataan dengan meninjau kembali Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kabupaten Bogor di wilayah Dramaga.

Menurut dia, penataan kawasan ini tergolong krusial, terutama untuk menunjang rencana pembangunan jalan lingkar dari Leuwiliang menuju Rancabungur, kemudian pengembangan Jalan Lingkar Dramaga (JLD).

“Jika Pemkab Bogor bergerak, pemerintah pusat bergerak, IPB University bergerak, insha Allah penataan ini bisa terwujud dengan baik. Setidaknya kita sudah mempersiapkan bilamana Bogor Barat menjadi daerah otonomi baru,” ujarnya.

Sementara, Wakil Rektor Bidang Riset Inovasi Dan Pengembangan Agromaritim IPB University Ernan Rustiadi menjelaskan pengembangan Dramaga University Town, termasuk menata kawasan sekitar kampus IPB di Dramaga.

Karena, kata dia, tren berkembangnya kawasan perkotaan akibat kehadiran perguruan tinggi itu terjadi di berbagai negara termasuk di Indonesia.

“Yang terjadi biasanya kampus berkembang, mahasiswanya semakin banyak, dampaknya terjadi kemacetan di sekitarnya. Maka ada keinginan bagaimana kita lakukan penataan sekitar kampus IPB Dramaga yang begitu pesat pertumbuhannya, sebelum semakin tidak terkendali perkembangannya,” kata Ernan.

Ia menyebutkan, kerja sama antara IPB University dengan Pemerintah Kabupaten Bogor dan KemenPUPR juga meliputi rencana pengembangan jalan tol yang akan melewati kampus IPB di Dramaga, Jalan Lingkar Dramaga, dan Lingkar Leuwiliang-Rancabungur.

Baca juga: Pemkab Bogor membantu pengembangan Kampus IPB Dramaga hingga Jonggol
Baca juga: IPB University berencana membangun ekosistem IPB Town
Baca juga: Ratusan lowongan pekerjaan tersedia di bursa kerja IPB University

 

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024