Manokwari (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Manokwari, Papua Barat, menggandeng Kodim 1801/Manokwari untuk memberikan orientasi tugas kepada seluruh anggota panitia pemilihan distrik/kecamatan (PPD/PPK).

Ketua KPU Kabupaten Manokwari Christine R. Rumkabu di Manokwari, Minggu, mengatakan bahwa orientasi tugas tersebut guna meningkatkan kinerja bagi 45 anggota PPD dan sembilan sekretaris PPD setelah pelantikan pada tanggal 16 Mei 2024.

Christine menyebutkan bahwa daerah ini memiliki sembilan distrik (kecamatan). Setiap distrik bertugas lima anggota PPD dan seorang sekretaris PPD dari pemerintah distrik.

"PPD dan sekretaris wajib mengikuti orientasi tugas selama 3 hari, Minggu hingga Selasa (21/5) di aula Kodim 1801," katanya.

Ia menjelaskan bahwa tujuan orientasi tugas tersebut untuk meningkatkan kinerja anggota PPD saat melaksanakan tugas penyelenggaraan Pilkada 2024.

Melalui orientasi tersebut, kata dia, anggota PPD mendapat berbagai pengetahuan yang akan berguna saat melaksanakan tugas di distrik (kecamatan) masing-masing.

Anggota PPD selain mendapatkan materi-materi terkait dengan kepemiluan, lanjut dia, mereka juga mendapat pengetahuan tentang nilai-nilai kebangsaan, hukum, aturan penganggaran, hingga menjaga kekompakan tim dan jiwa kepemimpinan.

"Mereka akan diberi materi oleh KPU Provinsi Papua Barat, KPU Kabupaten Manokwari, Bawaslu Kabupaten Manokwari, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), kejaksaan, polresta, dan Kodim 1801," katanya.

Ketua KPU Kabupaten Manokwari ini menjelaskan bahwa pihaknya melibatkan BPK karena nantinya PPD mengelola anggaran bersama tim kesekretariatan yang merupakan ASN dari pemerintah distrik sehingga mereka perlu mendapat sosialisasi terkait dengan administrasi dan laporan pertanggungjawaban keuangan.

Kejaksaan Negeri Manokwari akan memberikan materi terkait dengan proses hukum, sedangkan polresta memberikan materi terkait dengan situasi keamanan ketertiban masyarakat serta kerawanan daerah saat pelaksanaan Pilkada 2024.

"KPU dan bawaslu tentu terkait dengan materi sekitar politik dan pemilu, sedangkan kodim terkait dengan wawasan kebangsaan dan kekompakan. Selain pemberian materi di kelas, mereka juga akan mengikuti outbond yang semua telah diatur oleh pihak Kodim 1801," ujarnya.

Baca juga: KPU Manokwari tetapkan dukungan paslon independen minimal 13.813 orang
Baca juga: KPU Teluk Wondama wajibkan 20 caleg terpilih serahkan LHKPN

Pewarta: Ali Nur Ichsan
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024