Jakarta (ANTARA) - Taiwan memperkenalkan produk ekonomi sirkular dalam Taiwan Expo 2024 yang berlangsung di Jakarta.

Dalam acara “Net Zero Product Launch: Circular Economy”, yang digelar di sela-sela pameran Taiwan Expo 2024 pada Jumat, beberapa perusahaan asal Taiwan memperkenalkan produk-produk ekonomi sirkular mereka kepada pengunjung.

Salah satu perusahaan tersebut adalah Taiwan Plants Fiber Tech Alliance, yang meluncurkan sedotan polimer serat tanaman (PFP) yang terbuat dari tebu.

Perusahaan itu juga memproduksi sedotan dari bahan kopi, sabut tempurung tebu, tebu talas ungu dan cangkang kerang.

PFP adalah bahan komposit rendah karbon yang terurai sepenuhnya dari serat tanaman daur ulang, tidak mengandung plastik 6P, dan dapat terurai sepenuhnya di lingkungan pengomposan alami.

Perusahaan lain yang juga mengambil bagian adalah Chien Fa Paper Pipe Co. Ltd, yang memproduksi sedotan dari bahan kertas.

Ekonomi sirkular adalah model ekonomi untuk menghasilkan pertumbuhan dengan mempertahankan nilai produk, bahan, dan sumber daya dalam perekonomian selama mungkin sehingga mengurangi kerusakan sosial dan lingkungan.

Ekonomi sirkular tidak hanya membahas pengelolaan limbah yang lebih baik dengan melakukan daur ulang lebih banyak, tetapi juga mencakup serangkaian intervensi yang luas di semua sektor ekonomi seperti efisiensi sumber daya dan pengurangan emisi karbon.

Taiwan Expo 2024 digelar oleh Dewan Pengembangan Perdagangan Eksternal Taiwan (TAITRA) pada 16-18 Mei 2024 di Jakarta.

Pameran itu melibatkan ratusan perusahaan dari lima sektor industri utama: smart manufacturing, smart medical, industri hijau dan berkelanjutan, industri halal, dan smart lifestyle.

Ada enam paviliun Taiwan dalam pameran itu: paviliun kesehatan, Net Zero, Taiwan Excellence, Inovasi Ramah Lingkungan Taipei, produk halal Taiwan, dan Kota Tainan.

Baca juga: Jelang pelantikan Lai, badan legislatif Taiwan rusuh
Baca juga: TETO: Taiwan berkomitmen kembangkan kecerdasan buatan


Pewarta: Cindy Frishanti Octavia
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2024