Pekanbaru, (ANTARA) - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru, Provinsi Riau kembali mengaktifkan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) pada Minggu pagi (19/05) mendatang, setelah ditiadakan sejak awal Bulan Ramadhan lalu.
 
Kepala Bidang Manajemen Rekayasa Lalu Lintas (MRL) Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru, Febriano mengatakan pelaksanaan CFD sesuai dengan hasil evaluasi bersama antara dinas-dinas atau Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait lainnya. Lokasi CFD digunakan masyarakat Pekanbaru untuk berolahraga, rekreasi, promosi dan kegiatan sosial
 
"Setelah evaluasi selesai kita lakukan. Akhirnya CFD bisa kembali kita gelar pada Minggu 19 Mei mendatang," katanya, Jumat.
 
Menurutnya, lokasi dan jadwal CFD tidak mengalami perubahan. Yakni digelar di Jalan Jenderal Sudirman, mulai dari Jembatan Layang "Flyover" di Simpang Jln Tuanku Tambusai hingga ke arah Tugu Zapin.
 
Begitu juga dengan setengah Jln. Gajah Mada kemudian Jln Cut Nyak Dien di samping dan belakang Kantor Gubernur Riau. Lalu Jln Ahmad Yani sebelah Kantor Gubernur Riau dan jalan antara Perpusatakaan Wilayah Riau dan Kantor Bank Indonesia Perwakilan Riau.
 
"Hasil evaluasi juga tidak ada perubahan signifikan. Hanya penegasan tugas untuk OPD masing-masing," tukasnya.
 
Pemko Pekanbaru sebelumnya menghentikan kegiatan CFD selama bulan Ramadhan dan dan libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah. Penutupan CFD saat Ramadhan tidak hanya dilakukan pada tahun ini saja namun juga sebelumnya.
 
Selama penutupan, Dishub melakukan evaluasi terkait pelaksanaan CFD. Terutama terkait lalulintas yang ada pada ruas jalan dan juga para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah yang berada di lokasi tersebut.
 

Pewarta: Bayu Agustari Adha
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024