Pekalongan (ANTARA) - Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, melakukan sosialisasi asesmen nasional berbasis komputer (ANBK) 2024 kepada para kepala sekolah, koordinator, dan teknisi jenjang sekolah dasar hingga sekolah menengah pertama.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekalongan Zainul Hakim di Pekalongan, Jumat, mengatakan bahwa asesmen nasional berbasis komputer sudah dimulai pada 2021 dan tahun ini sudah banyak mengalami perbaikan.

"Oleh karena itu, kami berharap pada pelaksanaan sosialisasi asesmen nasional berbasis komputer ini dapat berjalan lancar dan aman," katanya.

Baca juga: Dindikbud : SD di Purbalingga laksanakan ANBK secara mandiri

Ia yang didampingi Kepala Bidang Sekolah Dasar Nurul Izzah mengatakan sosialisasi ini dimaksudkan untuk menginformasikan terkait dengan pelaksanaan asesmen nasional, mengumpulkan informasi tentang tahapan pelaksanaan asesmen nasional, jadwal pelaksanaan dan evaluasinya.

Selanjutnya, memastikan kesiapan pelaksanaan asesmen nasional pada satuan pendidikan masing-masing dengan mengacu prosedur operasional standar asesmen nasional yang sudah ditentukan.

Baca juga: Bupati : Pelaksanaan ANBK di Sleman sudah sesuai SOP prokes

"Ini bisa dimulai dari penyiapan perangkat komputer hingga seluruh sarana pendukung secara cermat. sehingga kami perlu menyelenggarakan sosialisasi ini yang bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada peserta tentang teknis pelaksanaan ANBK di sekolah," katanya.

Menurut dia, asesmen nasional berbasis komputer merupakan penilaian yang dilakukan untuk mengukur capaian belajar peserta didik dalam hal literasi, numerasi, dan karakter.

Hasil asesmen nasional berbasis komputer ini, kata dia, akan digunakan sebagai diagnosis untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Baca juga: Tim Direktorat SMP tinjau pelaksanaan ANBK di Kota Madiun

"Meskipun asesmen nasional berbasis komputer bukan merupakan ujian yang akan menentukan kelulusan, namun persiapan yang matang tetap menjadi hal yang penting," katanya.

Pewarta: Kutnadi
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024