Sleman (ANTARA) - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta bersama Pemerintah Kabupaten Sleman menggelar kegiatan pamitan Haji Tahun 2024 di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman, Jumat.

"Pada tahun ini sebanyak 1.253 jamaah calon haji Sleman akan melakukan ibadah haji setelah antre kurang lebih selama 12 tahun," kata Kepala Kantor Kemenag Sleman Sidik Pramono pada kegiatan pamitan Calon Haji Sleman Tahun 2024.

Menurut dia,  jamaah calon haji tahun ini sudah mulai mendaftar pada 2011, 2012 dan 2013.

"Jamaah calon haji dari Kabupaten Sleman ini akan diberangkatkan dalam enam kloter," katanya.

Ia mengatakan, keenam kloter  jamaah calon haji Sleman yaitu kloter 48 dengan jumlah jamaah calon haji sebanyak 353 orang dan tujuh orang petugas haji, dijadwalkan masuk Asrama Haji Donohudan pada 24 Mei 2024.

Kemudian, kloter 50 dengan jumlah jamaah calon haji sama dengan kloter sebelumnya yaitu 353 orang dan tujuh orang petugas haji, dijadwalkan masuk Asrama Haji pada 25 Mei 2024. Di tanggal yang sama juga jamaah calon haji kloter 53 dengan jumlah 354 orang dijadwalkan masuk Asrama Haji Donohudan.

"Sebagian jamaah calon haji Sleman masuk ke dalam kloter 54 yang berjumlah 112 orang bergabung dengan jamaah calon haji dari kabupaten lainnya, dan dijadwalkan masuk Asrama Haji pada 26 Mei 2024," katanya.

Begitu juga untuk jamaah calon haji Sleman di kloter 81 dengan jumlah 41 orang, bergabung dengan  jamaah calon haji asal Kota Yogyakarta dan dijadwalkan masuk Asrama Haji pada 2 Juni 2024.

"Terakhir, sebagian jamaah calon haji Sleman masuk dalam kloter 100 bergabung dengan calon jamaah haji asal Kulon Progo yang dijadwalkan masuk Asrama Haji pada 9 Juni 2024," katanya.

Sidik mengatakan, pada 2024 ini, jamaah calon haji tertua di wilayah DIY berasal dari Sleman yaitu Umirah Sutorejo yang berusia 95 tahun, warga Dusun Krajan, Wedomartani Ngemplak.

"Sementara untuk jamaah calon haji termuda se-DIY juga berasal dari Sleman yaitu, Aledewa Raja yang berusia 18 tahun warga Kapanewon (Kecamatan) Ngaglik," katanya.

Kegiatan pamitan jamaah calon haji tahun 2024 ini dihadiri oleh Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo dan Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa serta jajarannya.

Baca juga: PPIH pastikan layanan di Makkah siap sambut jamaah

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo menyebut keberangkatan jamaah calon haji asal Sleman ini merupakan awal dari rangkaian perjalanan ibadah haji dengan niat mengharap ridho Allah SWT semata.

"Diharapkan agar jamaah calon haji asal Sleman dapat memanfaatkan kesempatan berhaji dengan niat hanya untuk beribadah kepada Allah SWT," katanya.

Kustini juga berpesan untuk senantiasa menjaga kondisi fisik dalam menjalankan aktifitas ibadah haji serta, tetap menjaga nama baik Indonesia dan Sleman.

"Bapak, ibu juga merupakan duta bangsa Indonesia dan wakil dari Kabupaten Sleman. Jagalah nama baik Indonesia dan Sleman. Patuhi jadwal, aturan serta petunjuk yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Arab Saudi," katanya.

Kustini juga meminta jamaah calon haji Sleman untuk mendoakan warga Sleman agar kemakmuran dan ketentraman semakin meningkat, sehingga terwujud masyarakat Sleman yang sejahtera lahir dan batin.

"Kami doakan agar jamaah calon haji senantiasa diberi kesehatan dan kelapangan waktu sehingga mampu melaksanakan seluruh rangkaian ibadah serta rukun haji dengan baik dan lancar," katanya.

Baca juga: Garuda Indonesia: Lima pesawat bawa jamaah calon haji Embarkasi Solo

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024