Sebagai sesama BUMN, kami akan terus berkolaborasi mendukung pengembangan pariwisata di Indonesia...
Jakarta (ANTARA) - PT Pelabuhan Indonesia (Persero)/Pelindo menerima kunjungan studi banding dua BUMN, yaitu Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dan Angkasa Pura (AP) II terkait pengelolaan desa wisata yang telah sukses diterapkan Pelindo di Desa Penglipuran.

Kunjungan studi banding itu bertujuan untuk mempelajari praktik terbaik dalam implementasi Program Revitalisasi Desa Wisata Penglipuran yang berada di Kabupaten Bangli, Bali tersebut.

"Hari ini, sebanyak 67 peserta tim TJSL (tanggung jawab sosial dan lingkungan) Angkasa Pura II mengunjungi dan melihat langsung revitalisasi hutan bambu Desa Penglipuran. Di sana, kami memaparkan roadmap program desa wisata yang sudah dimulai sejak tahun 2017," kata Department Head TJSL Pelindo Febrianto Zenny lewat keterangan yang diterima, di Jakarta, Kamis.

Pada kunjungan tersebut, tim TJSL AP II disambut oleh tim manajemen Desa Wisata Penglipuran serta tim TJSL Pelindo.

Pekan lalu, kunjungan serupa juga dilakukan oleh tim TJSL BSI. VP TJSL BSI Aris W Setiawan beserta tim juga meninjau kegiatan pemberdayaan ekonomi warga Desa Penglipuran yang didukung oleh Pelindo.

Febrianto menjelaskan implementasi program Pelindo di Desa Penglipuran telah terbukti menciptakan dampak positif, seperti peningkatan kunjungan wisatawan, peningkatan pendapatan masyarakat dan desa serta penciptaan lapangan kerja.

"Program Revitalisasi Desa Wisata Penglipuran merupakan komitmen TJSL Pelindo untuk memberdayakan masyarakat di berbagai wilayah di Indonesia, yang juga berkontribusi pada pengembangan bisnis perusahaan di sektor pariwisata serta untuk peningkatan tata kelola manajemen desa wisata yang akuntabel," katanya lagi.

Untuk diketahui, Desa Wisata Penglipuran dikenal luas akan keindahan alam dan kelestarian budaya lokalnya. Pada 2023 lalu, Penglipuran dinobatkan sebagai Best Tourism Village 2023 oleh UNWTO (Organisasi Pariwisata Dunia di bawah PBB yang memiliki wewenang untuk mempromosikan pariwisata dunia yang berkelanjutan).

Senior General Manager of Community Development Center AP II Rini Indrawati mengharapkan kunjungan tersebut dapat memberikan pelajaran berharga mengenai praktik terbaik dalam implementasi Program Desa Wisata Penglipuran, yang dapat diterapkan dalam program TJSL AP II.

"Sebagai sesama BUMN, kami akan terus berkolaborasi mendukung pengembangan pariwisata di Indonesia dan meningkatkan kualitas pengelolaan destinasi wisata," ujar Rini.
Baca juga: Pelindo apresiasi Penglipuran raih desa wisata terbaik dunia
Baca juga: Pelindo buat pelatihan manajemen majukan Desa Wisata Penglipuran

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024