Saya menilai pelayanan selama ini sudah sangat bagus. Makanan masih dalam keadaan hangat dan rasanya sesuai lidah
Madinah (ANTARA) - Menu katering disiapkan dengan cita rasa nusantara mendapat sambutan positif dari para peserta calon haji Indonesia yang sudah tiba di Madinah Al Munawarrah. 

Peserta calon haji asal Makassar, Irwan Muhammad Idrus, mengatakan selama berada di Madinah selalu mendapatkan jatah makan tepat waktu.

"Saya menilai pelayanan selama ini sudah sangat bagus. Makanan masih dalam keadaan hangat dan rasanya sesuai lidah," ujarnya di Madinah, Kamis.

Soal menu dan rasa, menurut Irwan, sudah sesuai dengan lidah selera khas Nusantara. "Alhamdulillah ketika makan selalu habis, tidak ada sisa," katanya.

Irwan berharap pelayanan dan menu yang baik ini dapat dijaga sampai mereka meninggalkan Madinah. Sebab, menu yang sesuai lidah orang Indonesia dapat menjaga kondisi kebugaran jamaah.

Baca juga: Jamaah disuguhi makanan khas Indonesia selama di tanah suci

"Ketika kita melakukan ibadah pada puncak haji nanti dalam keadaan sehat walafiat," kata dia.

Distribusi, menu, dan cita rasa katering jamaah menjadi perhatian khusus petugas haji. Sebab makanan menjadi sumber penting bagi jamaah dalam menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat.

Penanggung jawab katering sektor 2 Madinah Zainul Fattah Akbar menjelaskan pihaknya selalu memastikan katering yang dikirim perusahaan dalam keadaan baik.

"Semua makanan masih dalam keadaan hangat dan higienis," kata Zainul.

Baca juga: Makanan untuk jamaah calon haji lansia disesuaikan dengan kebutuhan

Makanan jamaah dikemas dalam bentuk box. Agar tetap hangat, makanan disimpan dalam kotak pemanas. Untuk menjaga kebersihan makanan, semua petugas katering menggunakan penutup kepala, masker, dan sarung tangan

"Katering dikemas dengan kertas perak (aluminium foil) guna menjaga makanan tetap hangat dan higienis, terhindar dari bakteri," ujarnya.

Semua ini, kata dia, untuk memastikan keamanan makanan yang akan dikonsumsi oleh jamaah calon haji Indonesia.

Pendistribusian makanan dilakukan 30 menit sebelum waktu makan. Selain makanan yang masih hangat, jamaah juga mendapatkan air minum mineral dan buah.

Baca juga: Kemenag berangkatkan tim pengadaan akomodasi dan katering ke Saudi

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024