Jembrana, Bali (ANTARA) -
Aparat keamanan siaga penuh di Pelabuhan Gilimanuk, Kabupaten Jembrana, Bali untuk mengamankan pelaksanaan World Water Forum Ke-10.
 
Pantauan di Pelabuhan Gilimanuk, Kamis, aktivitas pengamanan di Pelabuhan Gilimanuk dan sekitarnya ditingkatkan, yang dimulai dengan apel siaga pasukan pada pagi hari dipimpin Wakapolres Jembrana Komisaris I Made Katon.

"Pengamanan World Water Forum ini masuk dalam Operasi Puri Agung 2024. Dalam pengamanan di Gilimanuk, kami tekankan pemahaman anggota terhadap tujuan dan prosedur operasi ini," kata Katon.
 
Untuk memastikan pengamanan khususnya di pelabuhan, pada sore harinya Kapolres Jembrana Ajun Komisaris Besar (AKBP) Endang Tri Purwanto bersama tim Inafis Mabes Polri melakukan pengecekan anggota dan peralatan di salah satu pintu gerbang Bali tersebut.
 
"Intensitas pemeriksaan terhadap kendaraan, orang dan barang harus ditingkatkan. Meskipun setiap hari sudah rutin dilakukan, namun saat event seperti World Water Forum kewaspadaan harus ditingkatkan," katanya.

Menurut dia, untuk pemeriksaan di Pos II yang merupakan pintu masuk ke Bali, pihaknya dilengkapi sejumlah peralatan seperti metal detektor, cermin bawah kendaraan serta anjing pelacak K9 dari Polda Bali dan kamera face recognition dari Inafis Mabes Polri.
 
Saat berada di pelabuhan ia juga sempat berinteraksi dengan pengguna jasa penyeberangan, minta mereka mengikuti arahan petugas untuk keamanan Bali.

Sebagai pintu gerbang utama Bali dari Pulau Jawa, Gilimanuk mendapatkan perhatian khusus terkait pengamanan World Water Forum, sehingga Dirbinpotmas Korbimas Baharkam Polri Brigadir Jenderal Edy Murbowo datang langsung ke wilayah tersebut.
 
Di Gilimanuk bersama pejabat Polri di Kabupaten Jembrana, dia melakukan pengecekan kabel bawah laut yang merupakan fasilitas pemasok utama listrik ke Bali.
 
Usai pengecekan ke sejumlah lokasi, Tri Purwanto mengatakan, dengan kesiagaan aparat keamanan di Gilimanuk pihaknya berharap World Water Forum bisa berjalan aman dan lancar.
 
"Sejauh ini situasi kondusif dan pengamanan berjalan sesuai rencana. Kami akan terus pantau keamanan khususnya di Gilimanuk," katanya.

Baca juga: Polres NTB perketat pengamanan Bandara Lombok jelang World Water Forum

Baca juga: Polri terjunkan pasukan berkuda di kawasan pertemuan World Water Forum

Pewarta: Gembong Ismadi/Rolandus Nampu
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024