Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 5000 pelari bakal meramaikan ajang Titan Run 2024 dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-79 yang diselenggarakan pada 10 Agustus 2024 mendatang.

Memasuki tahun penyelenggaraan ke-5, Titan Run 2024 akan dimulai di QBiq - BSD City, Tangerang Selatan sebagai official venue Titan Run 2024, area BSD City menyediakan track datar dan juga rindang karena lingkungan running track yang dikelilingi pohon, sehingga memungkinkan pelari mencapai catatan rekor personal.

"Memang sejak usai pandemi ini adalah yang pertama. Sebetulnya dari tahun lalu desakan para runner tuh udah pada tanya kenapa sih Titan Run belum ada lagi...sehingga akhirnya diputuskan di Desember kemarin, ya sudah kita adakan lagi gitu," kata Penasehat Titan Run 2024, Ailiy dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis.

Di tahun ini, Titan Run 2024 akan terbagi ke dalam tiga kategori yaitu 17,8 KM dengan minimal usia peserta 17 tahun, 10 KM dengan minimal usia peserta 15 tahun dan S KM dengan minimal usia 12 tahun.

Animo dari peserta lari di ajang yang diprakarsai Titan Group tersebut mencerminkan respon masyarakat yang semakin positif terhadap olah raga, serta meningkatnya kesadaran masyarakat akan gaya hidup sehat melalui olah raga lari.

Untuk mempersiapkan keamanan dan kenyamanan peserta yang akan berlari di perkotaan, pihak panitia akan mengerahkan 400 pihak keamanan, water station di beberapa titik dan posko medis.

"Jadi dari segi keamanan akan mengamankan para pelari, mereka jumlah keamanannya sudah di atas 400 orang. Kemudian dari polisi, kemudian ada water station, jadi petugas medik itu kita persiapan memang spesial," kata Run Management Titan Run 2024, Bertha Gani.

Titan Run 2024 juga akan memperebutkan total hadiah lebih dari Rp 100.000.000 untuk juara satu, dua dan tiga, pada masing-masing kategori lari.

Titan Run menyajikan keunikan jika dibandingkan dengan perlombaan lari pada umumnya yakni setelah perlombaan, para peserta menikmati rangkaian kegiatan lainnya, seperti pembagian doorprize, zumba, hiburan musik dan yang paling menarik adalah sajian makanan dan minuman all-you can eat serta durian gratis yang disediakan oleh Titan Group untuk menghargai para peserta finisher bisa menikmati sajian sepuasnya di tempat.

Berbeda dengan penyelenggaraan di edisi sebelumnya, gelaran Titan Run 2024 kali ini terdapat pengurangan peserta karena untuk memberikan keamanan yang lebih dan kapasitas yang tidak mendukung.

"Seperti tahun-tahun sebelumnya ya, Titan Run selalu diakhiri dengan acara makan-makan. Tadi kita udah bilang ada pesta durian. Nah itu salah satu juga kenapa kita mengurangi kuota lari Karena setelah acara finish biasanya kita ada acara makan-makan kapasitasnya itu yang tidak mendukung," ujar Ketua Panitia Vickers Gunawan.

Titan Group berharap para peserta yang mengikuti Titan Run 2024, yang menjadi satu-satunya perlombaan lari dengan jarak 17,8 K yang merepresentasikan tanggal peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus, tidak hanya menyalurkan minat dan bakat dalam bidang olah raga lari, namun juga dapat membawa semangat sportivitas dalam merayakan Kemerdekaan Republik Indonesia ke -79.

Baca juga: Sambut Kemerdekaan, Titan Run gelar kejuaraan kategori 17,8K dan 45K
Baca juga: Garmin Run Indonesia 2024 rayakan inklusivitas dalam berolahraga
Baca juga: Arutmin Borneo Run mendapat dua penghargaan dari MURI

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024