melalui miniatur seperti Tugu Pancakarsa, Gunung Salak dan Pangrango, Museum Tambang Pongkor, Curug Nangka dan Stadion Pakansari
Kabupaten Bogor (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, memamerkan sejumlah keindahan daerah melalui Parade dan Kirab Budaya HUT Ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) 2024 yang berlangsung di Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Penjabat Bupati Bogor Asmawa Tosepu di Cibinong, Kamis, mengungkapkan Pemerintah Kabupaten Bogor menjadi salah satu peserta dengan menggunakan mobil hias bertemakan "Harmonisasi Sumber Daya Alam dan Budaya Dalam Menggapai Cita-cita Pembangunan" pada kegiatan yang berlangsung Rabu (16/5).

Berbagai ornamen digunakan untuk merepresentasikan keindahan alam Kabupaten Bogor melalui miniatur seperti Tugu Pancakarsa, Gunung Salak dan Pangrango, Museum Tambang Pongkor, Curug Nangka dan Stadion Pakansari.

"Termasuk didukung oleh penampilan budaya dari rombongan Kabupaten Bogor dimana ada seni, tari dan pimpinan OPD warga masyarakat termasuk ibu-ibu PKK juga mengiringi pawai ini dengan berpakaian adat Sunda Bogor," ungkap Asmawa.

Pemerintah Kabupaten Bogor juga menampilkan potensi UMKM daerah seperti kerajinan kayu, kerajinan bambu, tas berbahan baku koran, tas rajut, wayang golek dan tas berbahan baku kain goni.

Baca juga: Pemkab Bogor targetkan Geopark Pongkor masuk UNESCO Global Geoparks

Baca juga: Pemkab Bogor targetkan jalan tol angkutan tambang dibangun tahun depan


Asmawa berharap kegiatan tersebut bisa menjadi momentum dalam mempromosikan potensi budaya, UMKM serta ekonomi kreatif Kabupaten Bogor.

"Terima kasih kepada seluruh peserta, pendukung termasuk panitia lokal yang sudah mempersiapkan dengan baik, mudah-mudahan ini adalah bagian dari partisipasi kita keikutsertaan kita mempromosikan budaya potensi yang ada di Kabupaten Bogor," ujarnya.

Sementara Kepala Diskop UKM Kabupaten Bogor selaku Ketua Harian Dekranasda Kabupaten Bogor Iman Wahyu Budiana menyebutkan, melalui kegiatan parade dan kirab budaya tersebut Pemkab Bogor ingin memperkenalkan berbagai produk unggulan hasil UMKM di Kabupaten Bogor.

"Mudah-mudahan masyarakat bisa menikmati dan bisa menerima hasil dari berbagai produk yang dipamerkan di kegiatan ini dan produk UMKM kami makin dikenal masyarakat luas," kata Iman.

Baca juga: Ibu Negara hadiri Expo Dekranas 2024 di Mangkunegaran Solo

Baca juga: Ibu Negara hadiri puncak acara HUT Ke-44 Dekrasnas di Solo

 

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024