Diperkirakan dalam 2-3 tahun ke depan, seluruh jalan nasional dipantau dan dianalisis pola lalu lintas kendaraan dengan kamera CCTV-AI
Jakarta (ANTARA) - Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan pemasangan kamera CCTV dilengkapi teknologi AI (Artificial Intelligent) atau CCTV-AI di 38 lokasi pada tahun 2024 ini untuk merekam data lalu lintas di jalan-jalan nasional.

"Saat ini (CCTV-AI) terdapat di tiga lokasi, dengan pemasangan di 38 lokasi baru lainnya pada tahun 2024," ujar Direktur Sistem dan Strategi Penyelenggaraan Jalan dan Jembatan Ditjen Bina Marga Wilan Oktavian dalam seminar di Jakarta, Kamis.

Adapun ketiga lokasi yang telah dipasang kamera CCTV-AI tersebut yakni ruas jalan nasional pada Batas Kota Padalarang - Kota Bandung di Kabupaten Bandung Barat, Jalan Cibiru, Kota Bandung dan Nagrek - Batas Kabupaten Bandung/Garut.

Wilan mengatakan bahwa kamera CCTV-AI tersebut bertujuan untuk merekam data lalu-lintas kendaraan, sehingga Ditjen Bina Marga memiliki data secara seketika dan akurat.

Selain untuk melakukan pemantauan kondisi lalu lintas, CCTV-AI ini juga mampu untuk merekam data lalu lintas kendaraan.

Baca juga: PUPR: Bina Marga dan Tim KKK investigasi ambruknya girder di Sumsel

Teknologi kamera tersebut memungkinkan untuk terus melakukan pemantauan dan mendeteksi secara otomatis kendaraan yang melintas.

Kemudian menghitung waktu perjalanan, mengumpulkan profil lalu lintas secara harian, bulanan, sampai dengan musiman.

Menganalisa rata-rata peningkatan lalu lintas kendaraan, serta menjadi data-data bagi analisa pengembangan jaringan jalan.

Dengan adanya kamera CCTV-AI itu Bina Marga dapat mengetahui kapasitas jalan nasional apakah masih memadai atau tidak, dan kemudian ditindaklanjuti dengan langkah-langkah untuk meningkatkan kapasitas jalan tersebut seperti pelebaran dan sebagainya.

"Diperkirakan dalam 2-3 tahun ke depan, seluruh jalan nasional dipantau dan dianalisis pola lalu lintas kendaraan dengan kamera CCTV-AI," kata Wilan.

Penerapan kamera CCTV-AI di seluruh jalan nasional tersebut dalam rangka mendorong perencanaan jaringan jalan berdasarkan kebutuhan dan lebih tepat pada masa mendatang.

Baca juga: Dirjen Bina Marga sebut pembangunan Tol Getaci mulai 2024

Baca juga: Kementerian PUPR bangun jalan alternatif baru di Manokwari

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024