Jakarta (ANTARA) - Boston Celtics melaju ke babak Final NBA Wilayah Timur untuk ketiga kalinya dalam tiga musim beruntun usai mengalahkan Cleveland Cavaliers 113-98 di TD Garden Boston Massachusetts, Kamis.

Celtics unggul 4-1 dalam rangkaian pertandingan untuk mengamankan babak Final Timur yang keenam kalinya dalam delapan tahun terakhir. Juga untuk kedua kalinya mereka mencapai rekor tersebut yang sebelumnya terjadi pada periode 1980-1988.

Boston Celtics didorong oleh Jayson Tatum yang hampir mencetak triple-double dengan 25 poin, 10 rebound, dan 9 assist. Al Horford mencatat double-double dengan 22 poin serta 15 rebound.

Al Horford menjadi salah satu pemain veteran yang mencetak 20 poin, 15 rebound, dan 5 assist di babak playoff dalam usia 37 tahun ke atas. Dia mengikuti jejak Kareem Abdul-Jabbar dan LeBron James yang juga melakukan hal seperti itu sebelumnya.

“Ini spesial. Itu adalah sesuatu yang sulit dilakukan. Ini adalah langkah positif lain yang ingin kami capai," kata Horford seperti dikutip dari laman resmi NBA.

Pada sebagian besar babak pertama, Celtics tampak tak bersungguh-sungguh dengan Cavaliers yang dilanda badai cedera sempat mengunggulinya sampai 6 poin. Padahal, Cleveland sudah tidak diperkuat oleh para bintangnya seperti Donovan Mitchell, Caris LeVert, dan Jarrett Allen.

Celtics baru bermain serius di babak kedua di mana mereka menguasai pertandingan hingga akhir dan sempat unggul sampai 17 poin.

Cleveland Cavaliers bertahan berkat permainan luar biasa dari Evan Mobley, yang menjalani permainan playoff ofensif terbaiknya hingga saat ini dengan mencetak 33 poin melalui 15 dari 24 tembakan. Marcus Morris mencetak 25 poin setelah hanya bisa membuat 7 poin dalam empat laga sebelumnya di babak semifinal Timur.

Max Strus menambahkan 12 poin, dan Darius Garland turut menyumbang 11 poin.

Boston Celtics kini hanya perlu menunggu lawannya di babak final, yaitu pemenang dari semifinal Wilayah Timur antara New York Knicks dan Indiana Pacers. Knicks memimpin 3-2 saat ini dan akan melakoni gim keenam di Indianapolis pada Sabtu (18/5).

Baca juga: Celtics unggul 3-1 atas Cavaliers di semifinal Timur

Baca juga: Brunson kembali bersinar, Knicks selangkah lagi ke Final Timur

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024