Jakarta (ANTARA) - Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Ricky Soebagdja mengumumkan pemain ganda putri Ribka Sugiarto mundur dari pemusatan latihan nasional (pelatnas).

“Ribka mengatakan bahwa ada satu hal yang membuatnya mengundurkan diri, resign dari pelatnas,” ungkap Ricky saat ditemui di PP PBSI, Kamis.

Namun, Ricky mengatakan PBSI belum menerima surat pengunduran diri resmi dari Ribka.

“Ia baru menyampaikan secara lisan. Ada komunikasi seperti itu, tapi surat resminya belum. Minggu lalu dia sampaikan (kepada pelatih). Sehingga rencana untuk pengiriman para atlet yang sudah diprogramkan (mengikuti turnamen jadi batal), dan tiba-tiba menyampaikan hal seperti itu ke pelatihnya,” ungkap Ricky.

Lebih lanjut, Ricky pun menyayangkan keputusan Ribka, mengingat ia bersama rekannya, Lanny Tria Mayasari telah meraih gelar juara Swiss Open 2024 dan masuk ke skuad putri yang lolos ke final Piala Uber 2024.

“Ini saya sayangkan karena pelatih dan kita semua sudah koordinasi, karena (tahun ini) mereka sudah diprogramkan mengikuti turnamen hingga ke Australia. Tapi Ribka menyatakan resign untuk persiapan yang lain,” kata Ricky.

Isu mundurnya Ribka dari pelatnas sebelumnya sudah pernah mencuat setelah berakhirnya rangkaian Piala Uber 2024.

Terlebih, sebelum itu Ribka bersama kekasihnya, pemain ganda putra Indonesia Muhammad Rian Ardianto, juga sudah mengumumkan pertunangan dan rencana pernikahan mereka.

Meski demikian, tidak ada alasan spesifik apakah Ribka memutuskan untuk mengakhiri perjalanannya sebagai atlet nasional karena hal tersebut.

Baca juga: PBSI umumkan Kevin Sanjaya mundur dari pelatnas

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024