Jakarta (ANTARA) - Apple baru-baru ini meluncurkan fitur terbaru untuk mengurangi rasa mabuk perjalanan akibat menggunakan handphone di dalam kendaraan bernama Vehicle Motion Cues yang tersedia untuk iPhone dan iPad.

Laman Carscoops, Rabu (15/5) waktu setempat, melaporkan, Vehicle Motion Cues berbentuk animasi titik-titik yang dipercayai Apple untuk mengurangi mabuk perjalanan saat bepergian dengan kendaraan yang bergerak.

“Mabuk perjalanan biasanya disebabkan oleh konflik sensorik antara apa yang dilihat dan apa yang dirasakan seseorang. Dalam kasus ini, layar yang Anda lihat tidak bergerak sementara Anda merasakan kendaraan bergerak,” kata Apple menjelaskan.

Baca juga: Apple umumkan Carplay generasi baru dengan lebih banyak integrasi data

Untuk membantu mengurangi efek ini, Vehicle Motion Cues akan menampilkan titik-titik animasi di tepi layar untuk menunjukkan perubahan dalam cara kendaraan bergerak. Sebagai contoh, ketika mobil berbelok, maka titik-titik itu juga akan berbelok.

Ketika mobil berbelok ke kiri, layar akan menunjukkan titik-titik bergerak ke kanan, sedangkan berbelok ke kanan akan menunjukkan titik-titik bergerak ke kiri. Saat berakselerasi, titik-titik Vehicle Motion Cues bergerak dari bagian atas layar ke bagian bawah, dan kemudian mundur saat mengerem.

Meskipun terlihat lebih mengganggu daripada membantu, beberapa orang mungkin akan menyukainya. Apple juga mencatat bahwa Vehicle Motion Cues dapat diatur untuk ditampilkan secara otomatis atau dapat dinyalakan dan dimatikan melalui Control Center.

Selanjutnya, Apple juga melakukan pembaruan pada aplikasi CarPlay, menambahkan bermacam fitur aksesibilitas baru termasuk Kontrol Suara. Fitur itu memungkinkan pengguna untuk menavigasi dan mengontrol aplikasi hanya dengan suara mereka.

Selain itu, fitur Sound Recognition yang baru bertujuan untuk membantu orang-orang yang tuli atau sulit mendengar dengan menampilkan peringatan visual saat sistem mendengar klakson atau sirene mobil.

Terakhir, Filter Warna akan membuat antarmuka CarPlay lebih mudah dibaca dan digunakan oleh orang-orang yang buta warna.

Baca juga: Porsche hadirkan Apple CarPlay+ di Taycan terbaru

Baca juga: Porsche serahkan kunci hiburan ke Apple, iPhone dapat kuasai kokpit

Baca juga: Mobil listrik pertama Xiaomi dilaporkan dapat dukungan Apple Car play

Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024