Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo dukung kejuaraan loncat indah kejuaraan Pari Sakti Diving International Competition 2024 yang berlangsung di Stadion Akuatik Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu.

"Saya sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Klub Pari Sakti dengan menginisiasi perlombaan skala internasional khusus loncat indah. Dan ini luar biasa ya tercipta sejarah dengan jumlah peserta terbanyak yakni mencapai 146 peserta dari lima negara," ujar Menpora Dito Ariotedjo dikutip dari keterangan resmi.
 
“Saya juga senang untuk Loncat Indah ini dibikin khusus, karena biasanya renang itu banyak nomornya dan fokus pada masing-masing nomor harus segera dilakukan agar pembinaan jadi terfokus dan nantinya para atlet ini dapat terlihat potensinya. Kami mendukung terus pembinaan, bukan hal mustahil kita bisa memiliki atlet loncat indah sampai Olimpiade,” jelas Dito.
 
Kejuaraan yang diinisiasi oleh klub Pari Sakti milik perenang nasional era 2000-an Nasution bersaudara tersebut akan berlangsung sampai 18 Mei mendatang.
 
Dalam kejuaraan ini akan tercipta sejarah jumlah peserta terbanyak pada kejuaraan loncat indah baik dalam single event ataupun multi event di Stadion Akuatik GBK Jakarta.


Baca juga: PRSI: Kompetisi yang lebih ketat diperlukan untuk regenerasi atlet
 
Pemilik klub Pari Sakti, Akbar Nasution menjelaskan bahwa kejuaraan ini diikuti 146 peserta dari 17 klub atau kota di lima negara yakni Arab Saudi, India, Singapura, Malaysia dan Indonesia.
 
"Kejuaraan internasional ini boleh mewakili klub atau kota di negara tersebut. Dan ini jadi wadah untuk atlet loncat indah usia dini menuju level selanjutnya," ujar Akbar.
 
Kejuaraan ini juga dihadiri Sekjen Akuatik Indonesia Ali Patiwiri, Andri Yansah (Kadispora DKI Jakarta) dan Kalvin Legawa (Ketua Akuatik Indonesia DKI Jakarta). Kejuaraan ini dimulai setiap hari mulai pukul 07.00 sampai 17.00 WIB.


Baca juga: Pari Sakti Cup ajang atlet muda tambah jam terbang

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024