“Kegiatan Kejuaraan Antar Kampung akan digelar di 75 daerah yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia..."
Banda Aceh (ANTARA) - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melalui Deputi Pembudayaan Olahraga menetapkan Kota Banda Aceh sebagai salah satu tuan rumah untuk pelaksanaan ajang bergengsi Kejuaraan Antar Kampung (Tarkam) 2024.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Banda Aceh Reza Kamilin, Rabu, mengatakan penetapan Banda Aceh sebagai lokasi Kejuaraan Antar Kampung tersebut tertuang dalam surat keputusan Kemenpora RI tahun 2024.

“Kegiatan Kejuaraan Antar Kampung akan digelar di 75 daerah yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia. Untuk Provinsi Aceh terpilih Kota Banda Aceh sebagai salah satunya,” kata Reza di Banda Aceh.

Ia menjelaskan pemilihan Banda Aceh sebagai tuan rumah pelaksanaan Kejuaraan Tarkam 2024 diawali dengan penyampaian usulan proposal kepada Deputi Bidang Pembudayaan Kemenpora RI.

Setelah melalui berbagai seleksi secara nasional, dari 416 kabupaten dan 98 kota di Indonesia, maka Banda Aceh bersama Kabupaten Aceh Barat dan Simeulue terpilih menjadi tuan rumah untuk penyelenggaraan Kejuaraan Tarkam di wilayah Tanah Rencong itu.

Ia menambahkan Kejuaraan Antar Kampung itu rencananya akan digelar pada 26-28 Juli 2024. Adapun cabang olahraga yang akan dipertandingkan di antaranya senam kesegaran jasmani (SKJ) Kemenpora dan senam sehat bugar Kemenkes yang bakal diikuti sembilan Puskesmas di Banda Aceh.

Selanjutnya, Fun Run kategori umum dengan usia di bawah 50 tahun dan kategori master untuk usia 50 tahun ke atas. Kemudian tenis meja dan bulu tangkis yang diikuti perwakilan dari sembilan kecamatan di Banda Aceh.

Kata dia, pelaksanaan Kejuaraan Tarkam 2024 sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo yang tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 86 tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang mengamanatkan pemerataan pembangunan olahraga melalui partisipasi aktif masyarakat.

“Tujuannya untuk meningkatkan kebugaran masyarakat kota dengan memperhatikan unsur-unsur 5M (murah, meriah, menarik, masal dan manfaat). Semoga kegiatan itu dapat terlaksana dengan baik dan sempurna,” ujarnya.
Baca juga: Menpora harap program Tarkam bisa kolaborasi dengan PSRI 2024
Baca juga: Menpora edukasi mahasiswa Columbia University tentang program Tarkam
Baca juga: Pemkab Parigi kunjungi Kemenpora bahas persiapan Potradnas

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2024