Bangkalan (ANTARA) - Madura United FC berhasil menaklukkan Borneo FC pada leg pertama semifinal Championship Series Liga 1 2023-2024 di Stadion Gelora Bangkalan (SGB), Rabu malam.

Gol tunggal tim berjuluk "Laskar Sape Kerrap" ini dicetak oleh Hugo Gomes alias Jaja pada menit ke-77 lewat tendangan penalti setelah sebelumnya terjadi pelanggaran oleh pemain Borneo FC.

Sejak babak pertama, Madura United menerapkan pola bermain menyerang. Beberapa peluang tercipta.

Pada menit kedua, Madura nyaris mencetak gol lewat Riveira, akan tetapi masih bisa diselamatkan oleh penjaga gawang Angga Saputra.

Peluang mencetak gol tim tuan rumah kembali tercipta di menit ke 8, namun tendangan Abiyoso itu kembali berhasil diselamatkan oleh penjaga gawang klub berjuluk "Pesut Etam" ini.

Meski upaya menjebol pertahanan lawan selalu berhasil digagalkan oleh Borneo FC, akan tetapi tekanan demi tekanan terus dilakukan.

Jaja berupaya menjebol gawang Borneo FC melalui tendangan jarak jauh, tapi tidak berhasil.

Hingga babak pertama berakhir, skor tidak berubah, yakni 0-0.


Baca juga: Bali United bermain imbang 1-1 lawan Persib Bandung

Pada babak kedua, pelatih Borneo FC Peter Huista mengganti sejumlah pemain. Di antaranya dengan memasukkan Willem Pluim dan Hendro Siswanto.

Hasilnya, Borneo bisa keluar dari tekanan Madura United bahkan mampu menciptakan peluang di menit ke 74, meski tidak berbuah gol.

Tiga menit kemudian, yakni di menit ke 75, Madura berhasil mencetak gol. Hadiah penalti akibat terjadi pelanggaran mampu dieksekusi dengan baik oleh Hugo Gomes alias Jaja. Skor berubah 1:0 untuk Madura United.

Pelatih karteker Madura United FC Rakhmad Basuki mengatakan, permainan anak asuhnya sudah sangat maksimal.

"Sebagaimana yang kita lihat tadi, banyak peluang tercipta, akan tetapi tidak bisa dikonversi menjadi gol," katanya, seusai pertandingan.

Karena itu, sambung mantan Pelatih Persepam Pamekasan ini, upaya untuk memperbaiki kekurangan akan terus dilakukan.

Baca juga: Silverio ingin Borneo FC tampil lepas ketika hadapi Madura United

Berikut susunan pemain kedua tim, yakni Madura United FC dan Borneo FC pada leg pertama semifinal Championship Series Liga 1 2023-2024, yang digelar di Stadion Gelora Bangkalan (SGB), Rabu malam.

Pemain Madura United terdiri dari Lucas Frigeri (GK), Cleberson, Dodi Alekvan Djin, Fachruddin Aryanto (C), Koko Ari, Jacob Mahler, Hugo Gomes, Francisco Rivera, Dalberto Belo, Riski Afrisal dan Riyatno Abiyoso.

Pemain Borneo FC terdiri dari Angga Saputro (GK), Leo Guntara, Muhammad Alfharezzi Buffon, Muhammad Fajar Faturrahman, Silverio, Adam Alis, Kei Hirose, Muhammad Sihran, Felipe Cadenazzi, Stefano Lilipaly (C) dan Terens Puhiri.

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024