"...jaga kebersamaan selama berada di Tanah Suci, jika ada perlu ditanyakan dan perlu bantuan bisa disampaikan ke ketua rombongan maupun tim pendamping,"
Tanjungpandan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, melepas secara simbolis keberangkatan 62 orang calon haji asal daerah itu menuju Tanah Suci.

"Kepada 62 orang calon haji asal Belitung yang berangkat kami doakan mendoakan diberikan keselamatan dan kelancaran sampai ke tujuan," kata Sekretaris Daerah Belitung, MZ Hendra Caya usai melepas keberangkatan 62 orang calon jamaah haji di Tanjung Pandan, Rabu.

Menurut dia, mendapatkan kesempatan menunaikan ibadah haji sebagai rukun Islam kelima merupakan hal yang sangat berharga.

"Apalagi para jamaah sekalian sudah menunggu cukup lama, tadi disampaikan daftar tunggu haji di Belitung mencapai 20 tahun sehingga sangat bersyukur bisa diberangkatkan pada musim haji tahun ini," ujarnya.

Ia meminta agar para calon haji asal daerah itu agar dapat menjaga kekompakan selama berada di Tanah Suci.

"Tetap jaga kekompakan dan kebersamaan selama berada di Tanah Suci, jika ada hal-hal yang perlu ditanyakan dan perlu bantuan bisa disampaikan ke ketua rombongan maupun tim pendamping," katanya.

Ia mendoakan para calon haji asal daerah itu dapat melaksanakan seluruh rangkaian rukun ibadah haji dengan sebaik-baiknya.

"Sehingga kami doakan kembali ke Tanah Air menjadi haji yang Mabrur dan Mabruroh," ujarnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Belitung, Masdar Nawawi di Tanjung Pandan, Rabu mengatakan jumlah calon haji asal Belitung tahun 2024 sebanyak 62 orang terdiri dari 26 orang laki-laki dan 36 orang perempuan.

Disampaikan Masdar, calon haji asal Belitung masuk dalam gelombang satu yang akan menuju Madinah tergabung dalam satu kelompok terbang (kloter) 06 Palembang.

Para jamaah calon haji asal daerah itu akan tergabung dengan jamaah dari daerah lain seperti Bangka Barat 137 orang, Belitung Timur 19 orang, dan Pangkal Pinang satu orang.

"Kemudian ada Petugas Haji Daerah (PHD) dari Pangkalpinang tiga orang, lima orang petugas kloter dari Pangkalpinang, empat orang petugas kloter dari Palembang, dan satu orang TPIHI atas nama H. Nasution dari Kanwil," katanya.

Menurutnya, calon haji asal Belitung akan dilepas dari Masjid Al-Mabrur menuju Bandara HAS Hanandjoeddin pada, Jumat (17/5) pukul 07.00 WIB.

Mereka akan terbang ke Bandara Depati Amir Pangkalpinang menggunakan pesawat Sriwijaya (SJ-0540) lepas landas pukul 07.55 WIB.

"Setelah tiba di Bandara Depati Amir Pangkalpinang para jamaah akan menuju ke asrama haji antara di Pangkalpinang.

Selanjutnya pada, Sabtu (18/5) para jamaah haji akan bertolak ke Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II pukul 14.45 WIB.

Kemudian para jamaah akan pindah pesawat di bandara SMB II Palembang ke pesawat Saudia Airlines (SV-5165) pukul 19.50 WIB untuk diberangkatkan menuju kota Madinah.

"Mereka akan tiba di Bandara AMMA Madinah pada, Minggu (19/5) pukul 01.20 Waktu Arab Saudi (WAS)," ujarnya.
Baca juga: Kemenag Belitung periksa koper calon jamaah haji
Baca juga: Pj Gubernur Babel minta calon haji doakan kasus timah segera selesai
Baca juga: Kemenag Babel pantau kesehatan calhaj



 

Pewarta: Kasmono/Apriliansyah
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2024