Banda Aceh (ANTARA) - Rektor Universitas Syiah Kuala (USK) Prof Marwan menyatakan 45 persen dari total 27 ribu lebih mahasiswa yang kuliah di kampus Jantong Hatee rakyat Aceh itu merupakan penerima bantuan pendidikan dari berbagai sumber.

“USK berkomitmen untuk tetap menjaga kesempatan pendidikan tinggi bagi masyarakat, yaitu dengan memastikan tidak akan menaikkan Uang Kuliah Tunggal (UKT) pada tahun 2024,” kata Prof Marwan di Darussalam, Banda Aceh, Rabu.

Baca juga: 288 mahasiswa USK ikut pertukaran mahasiswa di 61 kampus Indonesia

Pernyataan itu disampaikan Marwan di sela-sela sidang terbuka senat akademik universitas wisuda sebanyak 1.496 lulusan, terdiri atas sarjana, magister, doktor, profesi, spesialis, sub spesialis, sarjana terapan, dan diploma periode Februari-April 2024 di Gedung AAC Dayan Dawood, Darussalam.

Ia mengatakan bahwa dari 45 persen tersebut 21 persen di antaranya penerima beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah. USK adalah perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia untuk pengelolaan beasiswa KIP K tersebut.

Baca juga: USK Banda Aceh beri keringanan biaya bagi calon mahasiswa kurang mampu

Ia mengatakan komitmen untuk tetap menjaga tidak akan ada kenaikan UKT tersebut tidak terlepas dari pertimbangan berbagai kondisi perekonomian masyarakat, khususnya masyarakat Aceh.

“Para orang tua dan mahasiswa baru tidak perlu khawatir terhadap isu-isu yang berkembang bahwa perguruan tinggi akan menaikkan UKT, khususnya USK. Insya Allah USK akan berupaya semaksimal mungkin menjaga UKT tetap terjangkau. Ini semata-mata untuk memberikan akses pendidikan tinggi bagi putra-putri terbaik, khususnya Aceh,” katanya.

Baca juga: IDI dan USK beri beasiswa untuk mahasiswa Palestina

USK bertekad untuk melahirkan sumber daya unggul Indonesia yang mampu mewujudkan cita-cita pembangunan nasional pada Indonesia Emas 2045. Salah satu komitmennya adalah memberikan memberikan akses pendidikan tinggi bagi putra-putri terbaik di provinsi ujung paling barat Indonesia itu.

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024