Kota Gorontalo (ANTARA) - Program Studi (Prodi) S1 Fisika Universitas Negeri Gorontalo (UNG) menjalin kerja sama dengan Universitas Colorado Boulder, Amerika Serikat, dalam bidang penelitian sains dan lingkungan.

Ketua Prodi Fisika UNG Dewa Eka Setiawan di Gorontalo, Rabu, mengatakan bahwa hal itu diwujudkan melalui penandatanganan perjanjian kerja sama dengan perwakilan Universitas Colorado Boulder Prof John Zhai.

"Kerja sama yang dilakukan ini dalam upaya meningkatkan kolaborasi penelitian dalam bidang sains dan lingkungan," ucap Dewa.

Baca juga: UNG dan IPB kerja sama peningkatan publikasi ilmiah

Ia menjelaskan, kerja sama itu akan menjadi langkah penting, dalam memperluas wawasan dan meningkatkan kemampuan riset program studi fisika di universitas tersebut.

"Era ini menuntut kolaborasi lintas batas untuk menghadapi tantangan global, terutama dalam menjawab fenomena-fenomena yang semakin kompleks. Diharapkan kerja sama ini tidak hanya akan memperkuat Prodi Fisika, tetapi juga dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam menjawab permasalahan-permasalahan sains dan lingkungan," kata dia.

Baca juga: UNG dorong mahasiswa menulis hasil penelitian dalam bentuk buku

Dewa mengatakan bahwa fokus utama perjanjian itu yakni mendukung pembangunan berkelanjutan melalui kolaborasi penelitian yang berorientasi pada isu-isu penting dalam sains dan lingkungan.

Dengan menggabungkan keahlian dan sumber daya dari kedua institusi, diharapkan tercipta penelitian yang inovatif dan relevan yang dapat memberikan kontribusi nyata dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan.

Baca juga: Mahasiswa FIP UNG ikut program magang internasional bersertifikat

"Perjanjian ini juga bertujuan untuk mendorong pertukaran pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman antara Dosen dan mahasiswa Prodi Fisika UNG dengan CU Boulder," kata Dewa.

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024