Kami meyakini dengan keahlian yang dimiliki tersebut tentu akan memberikan kesempatan untuk bersaing dan masuk dalam bursa pasar tenaga kerja yang ada
Banda Aceh (ANTARA) - Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk (Disnakermobduk) Provinsi Aceh menyatakan salah satu langkah untuk menurunkan angka pengangguran di daerah setempat adalah melalui peningkatan kompetensi calon tenaga kerja.

“Berdasarkan data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) angka pengangguran di Aceh mengalami penurunan, dan ini juga menjadi semangat bagi kita untuk memacu angka tersebut terus berkurang lewat penyiapan tenaga kerja yang sesuai dengan bursa kerja,” kata Kadisnakermobduk Provinsi Aceh Akmil Husen di Banda Aceh, Rabu.

Baca juga: 2.396 lowongan tersedia dalam bursa kerja di Jakarta Barat

Ia menjelaskan, untuk meningkatkan kompetensi calon tenaga kerja, Disnakermobduk Aceh akan menyelenggarakan pelatihan untuk 12 angkatan dengan berbagai kemampuan sesuai bursa tenaga kerja.

Ia mengatakan, untuk penyiapan calon tenaga kerja yang siap bersaing baik dalam bursa tenaga kerja baik di dalam negeri hingga luar negeri, Disnakermobduk bekerja sama dengan Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Banda Aceh.

“BPVP juga bisa menyelenggarakan kegiatan pelatihan vokasi dengan angkatan lebih banyak sehingga akan banyak calon tenaga kerja yang menguasai berbagai disiplin ilmu yang siap masuk bursa tenaga kerja,” katanya.

Baca juga: Pemkot Depok ajak perusahaan ikut kurangi angka pengangguran

Selain itu, pihaknya juga menjalin kerja sama dengan Disnakermobduk kabupaten/kota se Aceh dalam meningkatkan kompetensi generasi muda di daerah sehingga memiliki keahlian yang nantinya dapat memberi nilai tambah serta membuka lapangan kerja baru.

“Kami meyakini dengan keahlian yang dimiliki tersebut tentu akan memberikan kesempatan untuk bersaing dan masuk dalam bursa pasar tenaga kerja yang ada,” katanya.

Badan Pusat Statistik (BPS) merilis angka pengangguran di Provinsi Aceh berkurang sebanyak 4.760 orang pada periode Februari 2023 - Februari 2024 sehingga saat ini angka pengangguran di Aceh sebanyak 145 ribu orang.

Baca juga: Pj Gubernur: Pengangguran terbuka di Jateng turun

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024