Jakarta (ANTARA) - Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menyampaikan akan terus berkomitmen memajukan industri internet dalam rangka meningkatkan kualitas layanan dan konektivitas di seluruh wilayah Indonesia.

“Saat ini anggota APJII sudah mencapai angka lebih dari 1.000 anggota di seluruh Indonesia. Di usia kami yang ke-28 ini, kami semua mempunyai semangat yang sama, yaitu untuk terus berkolaborasi memajukan industri Internet di Indonesia,” kata Ketua Umum APJII Muhammad Arif dalam acara perayaan HUT ke-28 APJII yang digelar di Jakarta, Rabu.

Arif menuturkan jumlah anggota APJII sampai hari ini meningkat sangat pesat. Hal ini dapat dijadikan sebagai penanda bahwa ribuan internet service provider (ISP) siap menghadirkan koneksi Internet berkualitas bagi lebih banyak masyarakat di Indonesia.

Baca juga: APJII: Perhatikan nasib ISP lokal meski Starlink hadir di Indonesia

Baca juga: Menkominfo sebut Starlink tak bakal rusak ekosistem PJI lokal


Kondisi tersebut juga menjadi sinyal baik bahwa industri Internet di Indonesia menuju ke arah yang benar, sejalan dengan program transformasi digital yang dicanangkan oleh pemerintah.

Arif melanjutkan berdasarkan hasil Survei Penetrasi Internet Indonesia 2024 yang telah dirilis APJII, tingkat penetrasi Internet Indonesia telah mencapai 79,5 persen dari total penduduk. Angka tersebut setara dengan 221.563.479 jiwa dari total populasi Indonesia yang berada di angka 278.696.200 jiwa pada 2023 lalu.

“Melihat tingkat penetrasi Internet Indonesia tahun ini, selain bertambahnya jumlah ISP dan peningkatan infrastruktur, perluasan jaringan menjadi salah satu aspek terpenting dalam kemajuan industri Internet di dalam negeri,” ujar Arif.

Hal lain yang ia soroti adalah perluasan jaringan menjadi salah satu kunci utama bagi bertambahnya jangkauan koneksi Internet untuk masyarakat. APJII meyakini bahwa semakin banyak masyarakat yang terjangkau oleh koneksi Internet, maka semakin baik juga percepatan ekonomi digital di tanah air.

Oleh karena itu, ia berharap perayaan Hari Jadi ke-28 pihaknya kali ini dapat menjadi momentum yang tepat bagi seluruh anggota untuk membangun semangat kolaboratif dalam memajukan industri Internet, serta mendorong percepatan transformasi digital di Indonesia.

Baca juga: APJII- Starlink jalin kerja sama tingkatkan akses internet Indonesia

Baca juga: Menkominfo tanggapi usulan PJI asing perlu gaet perusahaan lokal

Baca juga: APJII: Pengguna internet Indonesia tahun 2024 capai 79,5 persen

 

Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024