Madinah (ANTARA) - Jamaah calon haji diminta memperhatikan alur kedatangan saat tiba di bandara Arab Saudi, demikian kata Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Bandara, Abdillah, Rabu.

"Jamaah harus tahu alur kedatangan ini, untuk memudahkan proses keberangkatan jamaah ke hotel masing-masing," ujar Abdillah di Madinah.

Ia menjelaskan ada dua alur kedatangan jamaah, yakni melalui jalur Fast Track dan non Fast Track. Jalur Fast Track khusus digunakan bagi jamaah yang berangkat dari Bandara Soekarno Hatta Cengkareng, Bandara Juanda Surabaya, dan Bandara Adi Soemarmo Surakarta.

Sementara, jalur non Fast Track digunakan oleh jamaah yang datang dari selain tiga bandara tersebut. Ada 10 bandara, yaitu Aceh, Medan, Batam, Padang, Palembang, Kertajati, Lombok, Balikpapan, Banjarmasin, dan Makassar.

Baca juga: Pj Bupati Lumajang ingatkan JCH terkait cuaca ekstrem di Arab Saudi

Baca juga: Pemerintah ingatkan visa umroh hanya bisa digunakan hingga 24 Mei 2024


Ada 229 kelompok terbang (kloter) yang rencananya diberangkatkan pada gelombang pertama. Sampai hari ini, data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat), mencatat ada 66 kelompok terbang (kloter) yang sudah tiba di Madinah, dengan total 24.224 orang.

Artinya, masih banyak peserta calon haji yang akan terus berdatangan di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah dalam beberapa hari ke depan.

Adapun alur kedatangan jamaah saat tiba di bandara untuk jalur Fast Track, jamaah membawa koper kabin dan tas paspor saat turun dari pesawat, barang bawaan jamaah akan diperiksa dengan X-Ray.

Kemudian, setelah melewati X-Ray, barang-barang dibawa kembali oleh jamaah. Saat menaiki bus, petugas dari Arab Saudi akan meminta paspor jamaah untuk dikumpulkan. (jamaah harus membawa paspornya masing-masing dan menyerahkan ke petugas), dan terakhir jamaah di antar menuju hotel.

Sementara jalur non Fast Track, jamaah membawa koper kabin dan tas paspor saat turun dari pesawat, pastikan tas paspor dan paspor dipegang masing-masing calon haji (jangan sampai tertinggal di pesawat).

Lalu, jamaah haji akan melewati jalur imigrasi dan pemeriksaan paspor satu per satu. Setelah pemeriksaan paspor, jamaah akan melalui pemeriksaan X-Ray untuk barang bawaan.

Jamaah akan diarahkan menuju paviliun atau tempat berkumpul sementara sebelum menaiki bus. Paspor akan dikumpulkan petugas dari Arab Saudi, dan jamaah naik bus dan berangkat menuju hotel.*

Baca juga: Sebanyak 7.184 calon haji diberangkatkan ke Tanah Suci hari ini

Baca juga: Sebanyak 19.354 jamaah calon haji tiba di tanah suci

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024