Almarhum pagi ini dimakamkan di Pemakaman Baqi, Madinah
Palembang (ANTARA) - Seorang calon haji asal Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan yang tergabung dalam kloter 2 Embarkasi Palembang meninggal dunia dan dimakamkan di Baqi, Madinah.

"Jamaah kloter 2 yakni Yusman asal Kota Lubuklinggau, meninggal dunia di Rumah Sakit King Fahd, Madinah, Selasa, 14 Mei 2024, pukul 17:25 WAS. Almarhum pagi ini dimakamkan di Pemakaman Baqi, Madinah," kata Humas Kanwil Kemenag Sumsel Qudus di Palembang, Rabu.

Ia menyebutkan berdasarkan keterangan Ketua Kloter 2 Embarkasi Palembang bahwa setibanya di Madinah pada 13 Mei, Yusman kondisi kesehatannya memburuk, sehingga di bawa ke rumah sakit. Kemudian ia sempat dirawat satu malam, kemarin sore dinyatakan meninggal dunia di usia 64 tahun.

“Setelah melalui proses pengurusan dokumen dan pemusalaran jenazah di RS King Fahd, dinihari tadi jenazah almarhum dibawa ke Masjid Nabawi untuk disholatkan. Usai sholat Subuh, sekitar pukul 04:50 WAS, almarhum dimakamkan di Pemakaman Baqi,” katanya.

Kakanwil Kemenag Sumsel Syafitri Irwan selaku Ketua PPIH Embarkasi Palembang mengucapkan belangsungkawa atas kepergian almarhum. Dia yakin almarhum meninggal dalam keadaan husnul khotimah, karena sedang dalam perjalanan menunaikan ibadah haji.

Ia menyebutkan bahwa Yusman yang meninggal di Madinah akan dibadalhajikan karena pemerintah menyiapkan program badal haji di setiap operasional penyelenggaraan ibadah haji.

"Program ini menjadi bagian dari layanan yang disiapkan bagi jamaah yang memenuhi kriteria," katanya.

Baca juga: Seorang calon haji wafat di Madinah akan dibadalhajikan
Baca juga: Wapres minta Kemenag amati cuaca panas di Arab Saudi
Baca juga: 12 peserta haji yang wafat di pesawat dapat asuransi Rp125 juta

Pewarta: M. Imam Pramana
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024