Saat ini yang menjadi perhatian bersama adalah adanya beberapa ASN yang terjebak investasi bodong
Pangkalpinang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar sosialisasi dan edukasi mengenai pasar modal kepada aparatur sipil negara (ASN) guna mencegah investasi bodong atau ilegal yang dapat merusak perekonomian daerah itu.

"Saat ini yang menjadi perhatian bersama adalah adanya beberapa ASN yang terjebak investasi bodong," kata Plt Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Setda Provinsi Kepulauan Babel Hartono saat membuka sosialisasi pasar modal kepada ASN di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan sosialisasi dan edukasi pasar modal tahap pertama kepada ASN di lingkungan Pemprov Kepulauan Babel ini, guna meningkatkan pengetahuan dan pemahaman yang lebih mendalam tentang pasar modal untuk mendorong peningkatan investasi dalam negeri.

"Kegiatan ini untuk mengedukasi masyarakat untuk menjadi investor," katanya.

Ia mengatakan dalam meningkatkan investasi dalam negeri khususnya di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini, pemerintah daerah melakukan berbagai cara, salah satunya menggencarkan sosialisasi dan edukasi pasar modal kepada masyarakat.

Baca juga: OJK Sumsel-Babel sebut tingkat literasi keuangan di Babel 62,34 persen

Baca juga: BEI Pangkalpinang-OJK mencegah warga terjebak investasi ilegal


"Investasi di pasar modal ini merupakan investasi jangka panjang yang dapat dinikmati masyarakat," katanya.

Menurut dia, saat ini ada beberapa ASN di lingkungan Pemprov Kepulauan Babel yang terjebak investasi bodong sehingga berpotensi merusak perekonomian daerah.

"Kegiatan ini menjadi tempat bagi kita semua untuk mengetahui sederet instrumen keuangan di dalam pasar modal, seperti investasi melalui saham, penanganan dan program-program lainnya," katanya.

Selain itu, pasar modal juga sebagai alternatif transaksi keuangan di perbankan atau permodalan yang bisa dimanfaatkan masyarakat.

"Kami berharap Bursa Efek Indonesia selain mengajak dan mengedukasi juga melakukan pendampingan investasi, literasi pasar modal ini kepada masyarakat daerah ini," katanya.

Baca juga: Investasi di Babel mencapai Rp4,94 triliun pada triwulan II 2023

Baca juga: Realisasi investasi di Babel triwulan I sebesar Rp1,66 triliun

Pewarta: Aprionis
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024