Para calon masinis akan mendapatkan pelajaran dan pengalaman langsung terkait aktivitas masinis Whoosh sehari-hari
Bandung (ANTARA) - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menyampaikan bahwa 72 calon masinis asal Indonesia mulai menjalani pelatihan dalam kabin kereta cepat Whoosh yang beroperasi setiap harinya.

Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan para calon masinis tersebut menjalani pelatihan dengan mendampingi masinis kereta cepat profesional dari negeri Tiongkok sejak April 2024.

“Para calon masinis akan mendapatkan pelajaran dan pengalaman langsung terkait aktivitas masinis Whoosh sehari-hari,” kata Eva dalam keterangan yang diterima di Bandung, Jawa Barat, Rabu.

Eva menyebutkan dalam kegiatan pelatihan, para calon masinis langsung mengikuti pekerjaan masinis Whoosh dari awal hingga akhir dinas. Hal ini berbeda dari tahapan sebelumnya di mana calon masinis belajar secara teori di kelas dan praktik di mesin simulator.

“Dengan kegiatan pelatihan ini diharapkan calon masinis asal Indonesia mampu memahami dengan lebih baik lagi cara kerja masinis kereta cepat, karena saat ini mereka sudah terjun langsung ke lapangan," kata dia.

Baca juga: KCIC berangkatkan 78.000 penumpang Whoosh saat periode libur panjang

Baca juga: KCIC catat penumpang Whoosh naik 28 persen pada periode libur panjang


Dia menjelaskan para calon masinis ini mengikuti seluruh rangkaian kegiatan masinis Whoosh mulai dari administrasi kedinasan, tes kesehatan, proses serah terima sarana, start dan uji fungsi, langsir kereta, serta mengikuti perjalanan Whoosh dari stasiun awal hingga akhir di kabin.

“Pada saat berada di dalam kabin, para calon masinis mengamati cara pengoperasian kereta cepat, proses komunikasi dengan pusat kendali, komunikasi dengan awak kereta, penanganan kondisi darurat, serta berbagai proses kerja di dalam kabin masinis lainnya,” katanya.

Lebih lanjut, Eva berharap kemampuan dan keterampilan calon masinis ini semakin terasah. Proses ini juga melatih ketahanan fisik para calon masinis sehingga nantinya saat bertugas sudah siap baik secara fisik, mental, kemampuan dan kompetensinya.

“Proses transfer knowledge merupakan salah satu bagian krusial dari proyek kereta cepat di Indonesia. Tujuannya agar bangsa Indonesia bisa berdikari dalam mengoperasikan kereta cepat ini,” kata Eva.

Adapun para calon masinis juga didampingi oleh penerjemah selama proses pelatihan agar penjelasan yang diberikan oleh masinis profesional dapat dipahami dengan baik oleh calon masinis Indonesia.

“Lebih jauh lagi agar SDM Indonesia bisa membagikan pengetahuan ini untuk meningkatkan kompetensi putra putri terbaik bangsa ke depannya,” katanya.

Baca juga: Whoosh sediakan 28.000 tempat duduk per hari selama libur panjang

Baca juga: KCIC tambah jadwal kereta cepat Whoosh jadi 48 perjalanan per hari


 

 

Pewarta: Rubby Jovan Primananda
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024