Jakarta (ANTARA) - Persaingan kendaraan asal China semakin kompetitif di pasar otomotif Indonesia, berkat hadirnya jenama baru dari Beijing Automotive Group Co., Ltd. (BAIC) yang siap bersaing dengan berbagai brand asal serumpun yang sudah lebih dahulu masuk ke pasar tanah air.

Dua mobil yang masuk ke dalam kelas medium Sport Utility Vehicle (SUV) seperti BAIC X55-II dan BAIC BJ 40 PLUS akan menjadi penantang terberat Chery Omoda 5 yang lebih dahulu hadir di pasar Indonesia.

Terlebih dengan hadirnya BAIC X55-II yang dirasa akan menjadi lawan terberat Chery Omoda di Indonesia. Kendaraan dengan sistem penggerak roda depan (FWD) ini dibekali dengan mesin yang mereka sebut MAGIC-CORE.

Baca juga: BAIC resmi rilis BJ-40 Plus dan X-55 II untuk pasar Indonesia

Mesin berkonfigurasi 4 silinder 16 valve, 1500cc DOHC ini sudah dibekali dengan turbocharger hasil kerja sama antara BAIC Motor dengan META Engineering dari Jerman.

“Kehadiran produsen asal China di pasar otomotif Indonesia saat ini memiliki daya tarik sendiri yang tidak dapat dipungkiri membangun optimisme yang sangat besar bagi kami bahwa BAIC akan segera mengisi pangsa pasar otomotif Indonesia dengan posisi yang terus meningkat di 5 tahun ke depan,” kata Chief Operating Officer PT JDI, Dhani Yahya dalam keterangan resminya Selasa (14/5).

Dhani Yahya menerangkan bahwa kendaraan ini juga sudah dibekali dengan transmisi 7-Percepatan Double Clutch (7-Speed DCT) yang mendapatkan penghargaan sebagai China Top-Ten Transmission.

Baca juga: Tujuh investor bekerja sama hadirkan kendaraan BAIC di Indonesia

Dalam kemampuannya, kendaraan yang siap melibas keberadaan Chery omoda 5 di pasar otomotif Indonesia, dibekali dengan tenaga yang cukup buas yakni 185 Hp dan tenaga 305 Nm, sehingga mampu berakselerasi dari 0 km/h hingga 100 km/h hanya dalam 7.8 detik.

Jika dibandingkan dengan Chery Omoda 5 varian RZ, tenaga yang dihasilkan jauh berbeda. Chery Omoda 5 RZ hanya mampu memberikan tenaga sebesar 145 hp dengan torsi maksimum mencapai 230 Nm saja.

Tidak hanya dari segi performa, Chery Omoda 5 juga tertinggal dengan kendaraan tersebut melalui sisi dimensi. Chery Omoda 5 hanya memiliki panjang 4.400 mm, lebar 1.830 mm, tinggi 1.588 mm dan jarak sumbu roda hanya 2.630.

Baca juga: Prestige Motorcars dan JDI dirikan diler resmi 3S untuk BAIC di PIK 2

Sementara BAIC X55-II memiliki dimensi yang cukup bisa bersaing yakni panjang 4.620 mm, lebar 1.886 mm, tinggi 1.680 mm dan jarak sumbu roda 2.735 mm.

“Performa dan teknologi kendaraan ini sangat layak disandingkan dengan kendaraan pada segmen serupa di kelas premium,” ucap dia.

Selain performa, BAIC X55-II juga menghadirkan desain yang terlihat sangat modern yang sangat menyesuaikan dengan tren pasar saat ini.

Kendaraan ini juga diklaim akan dibekali dengan berbagai teknologi yang terkini serta ruang interior yang nyaman dan lega untuk para penggunanya. Ruang tampung bagian bagasi juga diklaim memiliki kelegaan yang menjadikan mobil ini sangat fungsional bagi penggunanya.

Meski begitu, kendaraan ini belum merilis harga pasti. Diperkirakan, kendaraan lima penumpang ini akan dibanderol dengan harga mulai dari Rp400 jutaan pada saat pameran Gaikindo Indoensia International Auto Show (GIIAS) 2024.

Baca juga: Produsen mobil China BAIC resmi masuk ke pasar Indonesia

Baca juga: Produsen mobil China BAIC tingkatkan kepemilikan saham di Daimler AG

Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024