Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Komunikasi dan Informatika Hary Budiarto menyatakan bahwa lokakarya Digital Transformation Center (DTC) International Telecommunication Union (ITU) membahas ide-ide baru guna mengembangkan inisiatif pelatihan untuk mempercepat literasi digital secara global.

"Para focal point dari seluruh Pusat Transformasi Digital mendiskusikan implementasi inisiatif literasi digital dan mendemokratisasikan digitalisasi secara global," kata Hary dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Rabu.

Hary menyampaikan, lokakarya DTC ITU membahas tren global terkini dalam keterampilan digital dan transformasi digital.

Baca juga: Wamenkominfo tekankan pentingnya penguasaan digital abad 21

Selain itu, juga membahas upaya meningkatkan literasi digital guna mengikis kesenjangan digital global.

"Lokakarya juga membahas berbagai perkembangan dan kemajuan yang telah dicapai pada area aksi yang telah disepakati pada pertemuan DTC sebelumnya, dan mempresentasikan tujuan utama lokakarya," ujarnya.

Ia mengatakan, Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggaraan lokakarya DTC ITU karena adanya beragam kemajuan dalam literasi digital nasional.

Lokakarya yang berlangsung dari tanggal 14 hingga 16 Mei 2024 di Bali itu diikuti delegasi dari negara kawasan Asia dan Pasifik, Afrika, Amerika, dan Arab.

Baca juga: Menkominfo pastikan VID 2045 berlanjut di pemerintahan mendatang

"Kemajuan penting Indonesia dalam memajukan implementasi tujuan inisiatif ini, berkontribusi pada pemilihan Indonesia sebagai tuan rumah acara ini," ujarnya.

Secara khusus, Kepala BPSDM Hary Budiarto mengungkap keberadaan Visi Indonesia Digital 2045 yang menjadi pendukung percepatan transformasi digital nasional.

Hary berharap inisiatif Indonesia akan dapat mendorong percepatan literasi digital global yang selaras dengan Visi Indonesia Digital 2045, yang memberikan visi, misi, sasaran dan strategi pembangunan digital untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Baca juga: Digitalisasi layanan ID FOOD buahkan kemenangan di Digitech Award 2024

"Sehingga pemanfaatan teknologi digital dapat membawa lompatan kemajuan bagi Indonesia untuk menjadi salah satu dari 10 negara dengan perekonomian terkuat di Tahun 2045 mendatang," katanya.

Lokakarya DTC merupakan kolaborasi Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPTIK) BPSDM Kementerian Kominfo, ITU, Cisco dan Indosat Ooredoo Hutchison.

Baca juga: Wamenkominfo: Konstruksi argumen manusia merupakan pembeda terhadap AI

Baca juga: Menlu RI: Asia Pasifik pimpin transformasi digital dunia

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024