Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo akan menyaksikan pengucapan sumpah pejabat negara yakni Wakil Ketua Mahkamah Agung (MA) dan anggota Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) di Istana Negara, Jakarta, Rabu.

"Hari ini, rencana akan ada agenda Pengucapan Sumpah Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non-Yudisial dan Pengucapan Sumpah/Janji Anggota Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban di Hadapan Presiden Republik Indonesia, di Istana Negara," ujar Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana dalam pesan singkat di Jakarta, Rabu.

Sebelumnya Mahkamah Agung (MA) telah menetapkan Hakim Agung Suharto sebagai Wakil Ketua MA Bidang Non-Yudisial menggantikan Sunarto yang dilantik menjadi Wakil Ketua MA Bidang Yudisial pada 3 April 2023.

Dilansir dari laman resmi MA di Jakarta, penetapan itu dilakukan dalam Sidang Paripurna Khusus dengan agenda tunggal Pemilihan Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non-Yudisial pada Senin (22/4) di Balairung Mahkamah Agung, Jakarta.

Sementara Komisi III DPR RI, pada masa sidang sebelumnya, telah melakukan fit and proper test terhadap 14 orang calon anggota Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) dan menetapkan 7 orang di antaranya menjadi calon terpilih anggota LPSK.

Baca juga: Ketua MA tekankan pentingnya integritas-kemandirian hakim di HUT Ikahi

Baca juga: LPSK beri perlindungan fisik untuk saksi kasus korupsi SYL

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024