New York (ANTARA) - Wakil Tetap Vietnam untuk PBB, Duta Besar ng Hoàng Giang menegaskan bahwa Vietnam turut mensponsori dan mendukung resolusi bersejarah Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNGA) dan mendukung keanggotaan Negara Palestina di PBB.

Berbicara pada sesi khusus darurat Majelis Umum PBB mengenai situasi Timur Tengah dan isu Palestina di New York, Giang menegaskan bahwa Vietnam berdiri berdampingan dengan Palestina dalam melaksanakan haknya yang tidak dapat dicabut untuk menentukan nasib sendiri dan mendukung pengakuan dini negara tersebut sebagai anggota penuh PBB.

Giang menunjukkan keyakinannya bahwa mengakui Palestina adalah langkah paling bermanfaat bagi solusi dua negara, menciptakan landasan bagi negosiasi yang setara antara para pihak, serta merupakan langkah penting menuju perdamaian berkelanjutan di Timur Tengah.

Dia menekankan bahwa solidaritas Vietnam dan dukungan yang tiada henti terhadap Palestina berasal dari perjuangan jangka panjang bersama demi kedaulatan, integritas wilayah, kemerdekaan dan kebebasan, serta upaya mencapai kebahagiaan bagi rakyat.

Diplomat Vietnam itu turut menyatakan keprihatinannya mengenai risiko eskalasi konflik di Gaza menjadi perang regional sembari mengutuk keras segala bentuk kekerasan terhadap warga sipil dan infrastruktur sipil penting, serta menentang segala pelanggaran kedaulatan dan integritas wilayah.

Dirinya meminta semua pihak untuk menahan diri secara maksimal, mengadakan dialog; mematuhi hukum internasional, dan Piagam serta resolusi PBB yang relevan. Kemudian juga meminta untuk menerapkan gencatan senjata segera dan permanen, melepaskan semua sandera tanpa syarat, dan memastikan pasokan barang-barang kemanusiaan tanpa hambatan.

Tak sampai di situ, ia juga menegaskan kembali dukungan Vietnam terhadap solusi dua negara dan terus mendukung peran sentral Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina di Timur Dekat (UNRWA) dalam melaksanakan tanggung jawab bantuan kemanusiaan di wilayah tersebut.

Sumber : VNA

Baca juga: China serukan jalan tanpa hambatan bagi keanggotaan Palestina di PBB
Baca juga: Turki bakal terus tekan Israel sampai negara Palestina terwujud


Penerjemah: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Arie Novarina
Copyright © ANTARA 2024