Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Kesehatan Jakarta Utara mengupayakan agar seluruh bayi dan balita di wilayah tersebut mendapatkan imunisasi lengkap sehingga dapat terlindungi dari sejumlah penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi.

"Sejumlah upaya kami lakukan untuk meningkatkan capaian imunisasi terhadap anak," kata Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Utara dr Lysbeth Regina Pandjaitan di Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan upaya yang dilakukan mulai dari pengawasan mingguan terhadap data imunisasi yang sudah diunggah oleh fasilitas kesehatan ke aplikasi Kemenkes.

Kemudian melakukan sosialisasi terkait pentingnya imunisasi ke lintas sektoral seperti sekolah dan instansi lainnya agar pesan pentingnya imunisasi lengkap ini sampai kepada masyarakat luas.

Baca juga: Jakut ajak masyarakat terlibat aktif tingkatkan capaian imunisasi
 
Arsip foto - Imunisasi balita untuk mencegah kejadian luar biasa selama pandemi virus corona (COVID-19) di Kelurahan Penjaringan, Jakarta Utara, Jumat (4/12/2020). (ANTARA/HO-Humas Pemkot Jakarta Utara)
Selanjutnya, pihaknya bekerjasama dengan pihak swasta untuk menarik masyarakat mengikuti Posyandu dan imunisasi seperti pelayanan imunisasi bersama yayasan yang sudah pernah dilakukan.

Setelah itu melakukan bimbingan teknis ke sejumlah fasilitas kesehatan dan memperkuat jejaring antar Puskesmas, klinik kesehatan, bidan dan praktik dokter mandiri yang melayani kegiatan imunisasi.

Untuk target capaian imunisasi lengkap pada 2024 sebanyak 25.844 anak dan di bulan ini cakupan sudah mencapai 5.237 anak atau sekitar 20,3 persen.

Ia mengatakan, target itu dibagi dalam enam kecamatan yang ada di Jakarta Utara seperti Kecamatan Pademangan dengan target 2.355 anak, Kelapa Gading (2.016) dan Tanjung Priok sebanyak 5.808 anak.

Baca juga: Pemkot Jakut imunisasi campak dan rubela "door to door"
 
Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Utara dr Lysbeth Regina Pandjaitan. ANTARA/HO-Pemkot Jakarta Utara
Selanjutnya Kecamatan Cilincing dengan 6.258 anak, Koja (4.855) dan Penjaringan (4.552)
sehingga total 25.844 anak.

Hingga bulan Mei 2024 capaian imunisasi lengkap di Kecamatan Pademangan masih 888 anak atau 36,7 persen, Kelapa Gading 681 anak atau 32,9 persen, Tanjung Priok dengan 1.926 anak atau 32,3 persen.

Kemudian Kecamatan Cilincing capaian imunisasi di angka 755 anak atau 11,7 persen, Kecamatan Koja 552 anak atau 11,8 persen dan Penjaringan dengan 435 anak atau 9,32 persen.

"Kami berupaya untuk target capaian imunisasi ini dapat direalisasikan," kata dia.
 

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024