Kami siapkan investasi ready to offer yang tersebar di seluruh Indonesia, saat ini terdapat 81 proyek yang siap ditawarkan mulai dari industri manufaktur, infrastruktur, pangan, pertanian, pariwisata, kawasan industri, dan energi terbarukan
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menawarkan 81 proyek investasi yang tersebar di seluruh wilayah tanah air dengan akumulasi nilai sebesar Rp239 triliun.
 
Deputi Bidang Kerja Sama Penanaman Modal Kementerian Investasi/BKPM Riyatno dalam forum promosi Indonesia-China di Jakarta, Selasa, menyampaikan, seluruh proyek tersebut tertuang dalam peta peluang investasi Indonesia yang bisa diakses melalui regionalinvestment.bkpm.go.id.
 
 
"Kami siapkan investasi ready to offer yang tersebar di seluruh Indonesia, saat ini terdapat 81 proyek yang siap ditawarkan mulai dari industri manufaktur, infrastruktur, pangan, pertanian, pariwisata, kawasan industri, dan energi terbarukan," ujar dia.
 
Ia menyampaikan, guna mendorong target realisasi investasi tersebut, pemerintah sudah menyiapkan beberapa kebijakan keringanan pajak, antara lain tax holiday berupa pembebasan pajak penghasilan perusahaan mulai 5 hingga 20 tahun untuk industri pionir yang memiliki nilai investasi besar dan strategis.

Selanjutnya, tax allowance berupa pengurangan pajak penghasilan perusahaan dihitung dari nilai investasi sebesar 30 persen yang diberikan selama 6 tahun. Kemudian pembebasan biaya masuk impor selama 2 tahun untuk mesin-mesin, peralatan, serta bahan baku.
 
Lalu ada super deduction tax hingga 200 persen untuk pelaku usaha yang melakukan kegiatan vokasi, dan hingga 300 persen untuk kegiatan penelitian dan pengembangan di Indonesia.
 
 
Kementerian Investasi/BKPM menggelar forum promosi Indonesia-China yang digelar di kantor BKPM, Jakarta, Selasa (14/5) yang dihadiri oleh puluhan investor asal negeri China.
 
 
Diselenggarakannya forum itu merupakan bentuk komitmen pemerintah untuk menyediakan platform komunikasi kepada potensial investor, sehingga bisa memberikan informasi terperinci mengenai peluang investasi di Indonesia.
 
 
Berdasarkan data dari Kementerian Investasi/BKPM dalam kurun waktu 5 tahun terakhir (2019-2024 kuartal I), nilai investasi dari China mencapai 30,2 miliar dolar AS yang didominasi oleh sektor manufaktur.

Baca juga: Indonesia dan China perdalam kerja sama investasi dan ketenagakerjaan
Baca juga: Kementerian Investasi sebut program SGS sejalan dengan pemerintah 
Baca juga: Indonesia-Uni Eropa buat kajian strategis perkuat investasi

 

Pewarta: Ahmad Muzdaffar Fauzan
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024