Manado (ANTARA) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bersama Pemerintah Kota (Pemkot) melakukan healing program anak-anak korban erupsi Gunung Ruang, Tagulandang, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara (Sulut).

Wali Kota Bitung Maurits Mantiri, di Bitung, Selasa, mengatakan kegiatan KKP Peduli: Healing Program dan Joy Sailing yang dilaksanakan di Pangkalan PSDKP Bitung sangat membantu pemulihan anak-anak korban erupsi Gunung Ruang.

Kegiatan ini merupakan program dari Kementerian Kelautan dan Perikanan yang khusus hari ini, akan melibatkan anak-anak terdampak Erupsi Gunung Ruang yang tinggal di BLK Bitung.

"Lewat program ini, anak-anak akan dibawa untuk bersenang-senang mengelilingi Pulau Lembeh menggunakan 2 kapal pengawas yang telah disiapkan," jelasnya.

Maurits Mantiri mengucapkan terima kasih kepada KKP dan seluruh satuan kerja yang sudah bersedia untuk bekerja sama Pemerintah Kota Bitung dalam memberikan bantuan kepada anak-anak terdampak Erupsi Gunung Ruang.

“Walaupun kita sebelumnya mengalami bencana, tetapi hal menampung warga yang terkena bencana juga merupakan kewajiban kita, terutama pemerintah dari pusat sampai tingkat kota,” katanya.


Baca juga: Masyarakat diharapkan patuhi radius bahaya Gunung Ruang

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), akhirnya memperpanjang status tanggap darurat akibat erupsi Gunung Ruang di Tagulandang, hingga 14 Mei 2024.

Baca juga: Gunung Ruang turun status menjadi siaga

Pewarta: Nancy Lynda Tigauw
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024