Jakarta (ANTARA) - Liga 1 2023/2024 yang telah memasuki fase Championship Series akan memainkan pertandingan leg pertama semifinal, yang mempertemukan Madura United melawan Borneo FC pada pada Rabu (15/5).

Di atas kertas, tim tamu Borneo lebih diunggulkan, utamanya karena Madura United sedang oleng lantaran baru saja ditinggalkan pelatihnya Mauricio Souza.

Pada musim reguler 2023/2024, kedua tim saling mengalahkan. Uniknya kemenangan-kemenangan itu didapat saat Madura dan Borneo bertindak sebagai tim tamu.

Borneo menang 2-1 atas Madura pada pertemuan pertama yang berlangsung 1 Oktober 2023, sedangkan Madura balas menang 4-0 di kandang Borneo pada 17 April silam.

Terlepas dari masalah ditinggal pelatih, Madura yang mengakhiri musim reguler di posisi keempat memiliki cukup bekal untuk merepotkan Borneo.

Pada posisi kiper, penjaga gawang asal Brazil yang telah 14 kali membela Madura United, Lucas Frigeri, diperkirakan akan kembali diandalkan untuk mengawal gawang mereka.

Di depan Lucas, empat bek siap mengadang gempuran-gempuran para pemain Borneo. Keempat bek yang diperkirakan akan diturunkan sebagai sebelas pertama tersebut adalah Dodi Alexvan Djin, Fachrudin Aryanto, Cleberson, dan Koko Ari.

Kwartet pemain tengah Madura diperkirakan akan dipercayakan kepada Jacob Mahler, Riyatno Abiyoso, Hugo Gomes, Malik Risaldi. Sedangkan untuk dua pemain depan, diperkirakan akan diberikan kepada duet pemain asing Dalberto Belo dan Francisco Rivera.


Baca juga: Melirik sejarah pencapaian empat tim peserta Championship Series

Di sisi lain, Borneo layak sedikit lebih diunggulkan karena tidak memiliki masalah non teknis sekrusial ditinggal pelatih. Namun demikian, mereka juga memiliki masalah dengan absennya kiper utama berlabel pemain tim nasional, Nadeo Argawinata.

Nadeo mendapat kartu merah saat memainkan pertandingan terakhir musim reguler melawan Dewa United, sehingga dipastikan ia akan absen pada laga Championship Series dan posisinya berpeluang diambil oleh Angga Saputra.

Untuk posisi empat pemain bertahan, posisi-posisi tersebut diperkirakan akan diisi oleh Leo Guntara, Diego Michels, Silverio Silva, dan Komang Teguh yang telah kembali dari tugas membela timnas U-23.

Trio lini tengah Borneo juga cukup mengerikan dengan dihiasi nama-nama seperti Adam Alis, Kei Hirose, dan Fajar Fathur Rahman yang juga berlabel timnas. Selain itu, kemungkinan Wiljan Pluim yang telah kembali bugar dapat dimainkan sebagai pemain pengganti.

Untuk lini depan, Terens Puhiri (3), Stefano Lilipaly (11), dan Felipe Cadenazzi (12) dapat diandalkan pelatih Pieter Huistra untuk membobol gawang tuan rumah Madura. Total koleksi ketiga pemain itu selama musim reguler adalah 26 gol atau hampir separuh total gol Madura yakni 58 gol.


Baca juga: Buffon berlatih keras jelang hadapi Championship Series bersama Borneo

Berikut prediksi susunan pemain sebelas pertama Bali United vs Persib Bandung:

Madura United (4-4-2): Lucas Frigeri, Dodi Alexvan Djin, Fachrudin Aryanto, Cleberson, Koko Ari, Jacob Mahler, Riyatno Abiyoso, Hugo Gomes, Malik Risaldi, Dalberto Belo, Francisco Rivera

  Pelatih: tidak ada

  Borneo FC (4-3-3): Angga Saputra, Leo Guntara, Diego Michels, Silverio Silva, Komang Teguh, Adam Alis, Kei Hirose, Fajar Fathur Rahman, Terens Puhiri, Stefano Lilipaly, Felipe Cadenazzi

  Pelatih: Pieter Huistra

 

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024