Jakarta (ANTARA) - OpenAI pada Senin (13/5) mengumumkan peluncuran model kecerdasan artifisial generatif baru bernama GPT-4o, yang menawarkan fitur premium dari GPT-4 dengan antarmuka web yang diperbarui.

Menurut siaran Gizmochina pada Selasa, GPT-4o akan mulai tersedia bagi publik dalam beberapa pekan ke depan.

OpenAI menyampaikan bahwa GPT-4o mengambil "satu langkah menuju interaksi manusia-komputer yang lebih alami".

Model baru ini dapat memproses teks, gambar, dan audio serta mampu membantu penggunanya berdasarkan itu.

Mode suara kini bekerja lebih lancar dengan respons yang lebih cepat dan pemahaman yang lebih baik.

Baca juga: ChatGPT tingkatkan GPT-4 Turbo, kian cerdas untuk pengguna berbayar

Sebelumnya, mode suara menggunakan tiga model berbeda untuk transkripsi, inteligensi, dan keluaran teks-ke-suara secara bersamaan, yang menyebabkan penundaan respons.

GPT-4o diklaim dapat mengatasi masalah itu. Dengan menggunakan kamera di ponsel, kini pengguna dapat berbagi informasi dengan model dan mengajukan pertanyaan berdasarkan hal itu dengan mudah menggunakan mode suara.

Model itu dilaporkan dapat merespons masukan suara dalam 232 milidetik, serupa dengan waktu respons manusia. Model juga dapat merespons dalam berbagai nada sesuai dengan preferensi pengguna.

GPT-4o dinilai lebih baik dan lebih cepat dibandingkan dengan GPT-4 Turbo dalam memahami bahasa non-Inggris dan kini juga dapat berfungsi sebagai penerjemah.

Baca juga: OpenAI buat ChatGPT lebih cepat dan pintar untuk pengguna berbayar

GPT-4o juga akan tersedia untuk API, sehingga pengembang dapat membangun dan mendukung aplikasi kecerdasan buatan (AI) menggunakan kemampuan model baru tersebut.

Meskipun model baru menawarkan fitur-fitur secara gratis, pengguna premium akan diizinkan untuk menggunakan sumber daya lima kali lipat dibandingkan dengan model baru.

Perusahaan juga telah meluncurkan aplikasi ChatGPT untuk desktop berbasis macOS Apple. Aplikasi untuk macOS menawarkan integrasi yang lebih dalam ke dalam platform.

OpenAI ingin memudahkan pengguna mengintegrasikan alat ini ke dalam alur kerja mereka. Dengan pintasan keyboard (Opsi + Spasi), pengguna akan dapat membuka halaman percakapan pada perangkat dengan mudah.

Baca juga: Apple lakukan pembicaraan dengan OpenAI-Google terkait AI di iOS 18
Baca juga: ChatGPT dapat keluhan dari organisasi Austria terkait informasi keliru

 

Penerjemah: Fathur Rochman
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024