Jakarta (ANTARA) - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) memberikan apresiasi kepada pelatih timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong setelah pelatih asal Korea Selatan itu membawa Garuda Muda mencapai babak semifinal dan menjadi yang terbaik keempat pada Piala Asia U-23 2024 Qatar beberapa waktu yang lalu.

Produsen mobil asal Korea Selatan ini memberikan apresiasinya kepada Shin berupa mobil listrik Genesis Electrified G80, sebuah kendaraan yang merupakan salah satu model unggulan keluaran merek kendaraan mewah global dari Hyundai Motor Group.

Kendaraan ini dibekali baterai lithium-ion berkapasitas 87.2 kWh, dengan tenaga maksimal sebesar 272 kW (370 PS) yang terdiri dari motor penggerak depan dan belakang. Kendaraan listrik mewah ini bisa mencapai kecepatan maksimal 225 km/jam, dan jarak tempuh hingga 500 km dalam sekali pengisian.

Pemberian dukungan ini sejalan dengan komitmen ‘Progress for Humanity’, dimana Hyundai terus konsisten dalam mendukung perkembangan sepak bola Indonesia.

“Kebanggaan bagi kami bisa menyerahkan unit Genesis Electrified G80 kepada Ketua Pelatih dari Tim Nasional Sepak Bola Indonesia, Shin Tae-yong, yang telah berkontribusi membawa timnas Indonesia ke posisi 4 besar di ajang Piala Asia U-23 2024 kemarin. Penyerahan Ini merupakan bentuk apresiasi Hyundai kepada Shin Tae-yong, serta memperkuat komitmen Hyundai dalam mendukung sepak bola tanah air, dimana sepak bola menjadi salah satu
olahraga pemersatu bangsa," kata President Director PT Hyundai Motors Indonesia Woojune Cha di Jakarta, Selasa.

"Besar harapan kami bahwa kehadiran Genesis Electrified G80 dari Hyundai dapat mendukung aktivitas Shin Tae-yong dalam melatih timnas Indonesia, sekaligus mendukung generasi muda dalam menggapai mimpinya untuk menorehkan prestasi emas di kejuaraan sepak bola dunia," tambahnya.

Sementara itu, Shin mengatakan "Untuk hubungannya dengan sepak bola seperti tadi yang saya bicarakan dengan FIFA, juga bekerja sama dengan Hyundai sebagai main sponsor. Jadi mungkin bisa kita pikirkan kenapa FIFA ambil Hyundai sebagai main sponsor gitu. Memang secara manfaat dan fasilitas sangat baik dari mobil Korea Selatan apalagi mobil Hyundai," kata pelatih 53 tahun itu.

Baca juga: Shin Tae-yong akan berusaha lancar berbahasa Indonesia
Baca juga: Shin Tae-yong akan bertemu Erick pekan depan untuk bahas kontrak baru


Ia berharap Hyundai dapat menjalin kerja sama lebih luas lagi untuk mendukung sepak bola Indonesia, salah satunya adalah bekerja sama langsung dengan federasi sepak bola Indonesia Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) yang kini dipimpin Erick Thohir.

"Mungkin harus dipikirkan maksudnya bagaimana Hyundai berkembang di Indonesia, mungkin bisa kerja sama dengan PSSI ke depannya. Jadi mungkin bisa mensponsori PSSI," tambahnya.

"Dan busnya juga bagus ya dari Hyundai. Jadi mungkin bisa aja busnya disponsori oleh Hyundai. Jadi harapannya bisa kerja sama dengan PSSI dan sampai Piala Dunia kita lolos tahun 2026," lanjutnya.

Di tahun 2023 lalu, Hyundai juga secara khusus memberikan dukungan kendaraan di pergelaran Piala Dunia U-17 yang dilaksanakan di Indonesia, termasuk dengan menggelar kompetisi futsal bagi generasi muda Indonesia.

Sebelumnya sebagai bentuk dukungan bagi timnas Indonesia, Hyundai juga menyerahkan satu unit PALISADE dan satu unit STARIA untuk mendukung produktivitas harian pelatih timnas Indonesia pada tahun 2022.

Baca juga: Shin Tae-yong targetkan sapu bersih dua laga kualifikasi Piala Dunia

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024