Karena didukung sarana prasarana lengkap dan satu-satunya di Sumsel yang memenangkan penghargaan beberapa waktu yang lalu
Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), akhirnya memiliki puskesmas ramah disabilitas dengan fasilitas terbaik dan merupakan yang pertama di provinsi itu.

Penjabat (Pj) Wali Kota Palembang Ratu Dewa usai meresmikan puskesmas yang berada di Kawasan Dempo, Palembang, Selasa, mengatakan bahwa puskesmas tersebut menjadi istimewa karena merupakan yang pertama dan memiliki fasilitas terbaik dalam melayani warga disabilitas.

Peresmian puskesmas dengan layanan ramah disabilitas ini merupakan sebuah inovasi baru dari Puskesmas Dempo, kata dia, dan bisa menjadi acuan bagi puskesmas-puskesmas lain.

Baca juga: Kualitas puskesmas di Palembang terus ditingkatkan

"Karena didukung sarana prasarana lengkap dan satu-satunya di Sumsel yang memenangkan penghargaan beberapa waktu yang lalu," kata Ratu Dewa.

Ia menambahkan layanan itu juga bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan pada warga Palembang dan juga mendukung kemajuan Index Pembangunan Manusia (IPM).

Adapun beberapa fasilitas unggulan di Puskesmas Dempo ini antara lain terdapat tulisan khusus di ruangan-ruangan bagi disabilitas, kemudian ada toilet khusus.

Selain itu, kata dia, dinding penunjuk jalan khusus dan sudah dilengkapi dengan alat pemeriksaan pendengaran khusus yang sudah memenuhi standar.

 Baca juga: KND berharap layanan puskesmas ramah disabilitas bisa lebih merata
Baca juga: Larang pegawai hamil, kepala puskesmas di Palembang dicopot jabatannya

 

Pewarta: M. Imam Pramana
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024