Ini salah satu fungsi dari BP Tapera untuk mempertemukan suplai dan demand.
Jakarta (ANTARA) - Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) mengungkapkan pemutakhiran atau update data oleh peserta Tapera dapat membantu menciptakan pasar perumahan yang efektif.

"Ini salah satu fungsi dari BP Tapera untuk mempertemukan suplai dan demand. Makanya pemutakhiran data yang dilakukan oleh peserta dari sisi demand-nya, kebutuhan peserta akan perumahan itu lokasinya di mana sangat penting untuk dipertemukan dengan suplainya yakni di mana lokasi perumahan yang tersedia saat ini berada," ujar Deputi Komisioner Bidang Pengerahan Dana BP Tapera Sugiyarto dalam diskusi daring di Jakarta, Selasa.

Sugiyarto mengatakan bahwa para ASN yang menjadi peserta Tapera perlu untuk melakukan pemutakhiran data, antara lain nomor telepon/ponsel, status memiliki rumah atas nama sendiri/pasangan, minat pembiayaan Tapera, nomor rekening bank, nama pemilik rekening, dan nama bank.

"Terkait dengan data memiliki rumah dan minat pembiayaan, ini penting karena BP Tapera berperan untuk mempertemukan antara suplai dengan demand. Hal ini perlu dipertemukan jangan sampai suplai rumahnya di area A, namun demand atau kebutuhannya di area B," katanya.

BP Tapera memiliki aplikasi seperti Sistem Informasi Kumpulan Pengembang (Sikumbang), dan aplikasi-aplikasi lainnya untuk bisa mengidentifikasi sebetulnya suplainya di mana dan keinginan peserta Tapera untuk memiliki rumah di mana.

Hal ini sangat diperlukan, sehingga pasar perumahan dapat terbentuk dengan secara efektif.

Berdasarkan data BP Tapera per 13 Mei 2024, jumlah peserta aktif segmen ASN sebanyak 4,08 juta peserta. Dari total tersebut, sebanyak 1,23 juta peserta atau 31 persen telah melakukan pemutakhiran data, dan sisanya sebanyak 2,85 juta peserta atau 69 persen belum melakukan pemutakhiran data.

"Baru sekitar 31 persen yang melakukan pemutakhiran data. Untuk mendapatkan layanan kepesertaan Tapera, segera lakukan pemutakhiran data Anda," kata Sugiyarto.

Dia berharap dengan peserta Tapera melakukan pemutakhiran datanya, maka kebutuhan perumahan akan lebih mudah terlayani dan yang paling utama adalah simpanan para peserta dapat dikembalikan dengan waktu yang cepat.
Baca juga: BP Tapera dan 31 bank berkolaborasi salurkan KPR Sejahtera FLPP 2024
Baca juga: Menteri PUPR lantik Komisioner BP Tapera periode 2024-2029

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024