PLN Peduli Rumah BUMN adalah program yang dikelola oleh PT PLN (Persero) untuk mendukung pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM)
Kupang (ANTARA) - PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) unit induk wilayah (UIW) Provinsi Nusa Tenggara Timur mempromosikan sejumlah produk UMKM binaan mereka dalam kegiatan Festival Niki Madja II 2024 di Kabupaten Sabu Raijua dalam program Rumah BUMN PLN.

General Manager PLN UIW NTT I Gede Agung Sindu Putra dalam keterangan yang diterima ANTARA di Kupang, Selasa siang mengatakan bahwa ada lima UMKM binaan PLN UIW NTT yang dilibatkan dalam acara festival tersebut.

"PLN Peduli Rumah BUMN adalah program yang dikelola oleh PT PLN (Persero) untuk mendukung pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM)," katanya.

Keterlibatan Rumah BUMN PLN NTT dalam festival tersebut ujar dia karena festival itu juga fokus pada promosi destinasi wisata dan pengembangan ekonomi kreatif melalui dukungan terhadap Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) lokal.

Sebagai pilar penting dalam strategi pemberdayaan masyarakat, PLN Peduli melalui Rumah BUMN Sabu Raijua, menghadirkan produk-produk inovatif dari 5 UMKM binaan.

Dia menjelaskan bahwa kehadiran produk-produk lokal ini merupakan langkah dalam memberikan akses pasar yang lebih luas bagi UMKM lokal, serta memperkenalkan inovasi dan keunikan produk lokal kepada pengunjung dari berbagai daerah.

Dari kerajinan tangan khas Sabu Raijua hingga aneka makanan dan minuman lokal, produk-produk UMKM seperti kain tenunan, keripik labu, dan aneka makanan lain yang turut mencuri perhatian pengunjung.


I Gede juga mengatakan bahwa melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) pihaknya membuka peluang bisnis para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) bersaing di pasar lokal dan nasional melalui marketplace PLN Mobile dan diperkenalkan dalam wadah rumah BUMN.

"Kehadiran Rumah BUMN ini memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Fasilitas ini diharapkan dapat menjadi wadah sekaligus memberikan pembinaan kepada mitra binaan, salah satunya cara menciptakan program pemasaran yang baik,” jelas Sindu.

Koordinator Rumah BUMN Sabu Raijua Yunus Djami Raga Festival-festival seperti ini menjadi sarana untuk memasarkan produk UMKM binaan PLN.

"Festival seperti ini kami sangat antusias karena dapat mempromosikan dan memasarkan produk-produk UMKM binaan kami. Kami berkomitmen untuk terus mendukung UMKM di seluruh Indonesia, khususnya di Nusa Tenggara Timur, sebagai upaya nyata untuk memperkuat perekonomian daerah dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat," ungkap Yunus.

Baca juga: PLN berkomitmen perluas pasar untuk kembangkan UMKM NTT
Baca juga: UMKM NTT binaan PLN ikut Festival Indonesia di Korea Selatan

 

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024