Jakarta (ANTARA) - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya meminta keterlibatan para siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kehutanan mendukung program pemerintah bidang kehutanan dan lingkungan hidup seperti perhutanan sosial maupun penegakan hukum.

Memberikan sambutan di wisuda SMK Kehutanan Negeri tahun 2024 dipantau daring di Jakarta, Selasa, Menteri LHK Siti Nurbaya mengatakan lulusan SMK Kehutanan Negeri telah dibekali kemampuan teknis dasar di bidang kehutanan mengenali kondisi dan keunggulan sumber daya alam Indonesia serta menguasai perkembangan teknologi.

"Para alumni SMK Kehutanan Negeri dapat berperan langsung maupun tidak langsung pada program unggulan KLHK salah satunya adalah Perhutanan Sosial," ujar Siti.

Selain itu, dia mengatakan para alumni juga dapat berperan dalam pengembangan bidang kehutanan dan lingkungan hidup melalui Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun swasta.

Baca juga: Menteri LHK minta partisipasi aktif wujudkan lingkungan hidup sehat

Untuk mereka yang berasal dari kelompok tani hutan maupun yang tinggal di sekitar kawasan hutan, Menteri LHK mengatakan dapat pula untuk kembali ke daerah masing-masing untuk mengabdikan diri mereka kepada masyarakat terutama untuk mengembangkan potensi wilayahnya.

"Selain itu para alumni telah dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan untuk melakukan kegiatan wirausaha sesuai kompetensi keahlian kehutanan yang dimiliki," jelasnya.

Dia juga menyampaikan potensi bagi para alumni untuk bekerja menjadi polisi hutan yang berada di bawah arahan Direktorat Jenderal Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan KLHK.

Untuk itu, dia meminta jajaran KLHK untuk memperhatikan dan mendayagunakan lulusan SMK Kehutanan Negeri yang sudah dipersiapkan untuk menjadi tenaga terampil di bidang kehutanan.

Baca juga: Wamen LHK tekankan pentingnya sistem pemantauan hutan dalam forum PBB

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024