Jakarta (ANTARA) - Juara bertahan Daniil Medvedev berusaha keras mengatasi penampilan soild Hamad Medjedovic, Senin (13/5) waktu setempat, di Roma untuk melaju ke babak 16 besar Italian Open.

Unggulan kedua Medvedev akhirnya mampu selamat dari serangan finalis ATP Next Gen 2023 itu dengan mencetak kemenangan 7-6(5), 2-6, 7-5.

"Saya merasa memulai pertandingan dengan baik dan kemudian malah menurun," kata Medvedev, seperti disiarkan ATP, Selasa.

"Servis saya tidak ada, pukulan saya tidak cukup agresif ketika diperlukan. Karena sering kali saya ingin memainkan ritme yang saya mainkan, tetapi saya juga ingin mengejutkan lawan saya dari waktu ke waktu dengan beberapa pukulan bagus. Hari ini saya tidak dapat melakukannya," ujar peringkat empat dunia itu.

"Pada satu momen dalam pertandingan, saya pikir apa yang saya lakukan tidak akan cukup untuk memenangi pertandingan. Jadi saya senang bahwa meskipun saya tidak bermain sebaik yang saya bisa, saya bisa menang. Besok saya akan berusaha menemukan tenis terbaik saya."

Baca juga: Juara bertahan Medvedev raih kemenangan Masters 1000 ke-100 di Roma

Satu tahun setelah perebutan gelar kejutan di ATP Masters 1000, mahkota tanah liat pertamanya di ATP Tour, Medvedev berusaha mempertahankan gelar tingkat tur untuk pertama kalinya pekan ini.

Setelah dua set pembukaan yang naik-turun di mana ia melakukan 10 kesalahan ganda, Medvedev melakukan serangan dari baseline untuk memimpin 4-1 tanpa membuat kesalahan sendiri di set penentuan.

Namun Medjedovic, yang mencatatkan 41 winner dan 66 kesalahan sendiri, menemukan jangkauan pukulan forehand-nya yang kuat untuk menyamakan kedudukan menjadi 4-4 dan menciptakan keunggulan 0/30 pada gim kesembilan.

Sekali lagi, Medvedev mengandalkan permainan baseline untuk membalikkan keadaan. Ia tetap tenang untuk melakukan break pada gim terakhir dan mengakhiri pertandingan setelah dua jam 50 menit.

Kemenangan tersebut berarti Medvedev kini telah mencapai babak 16 besar di lima ATP Masters 1000 yang dia ikuti pada 2024, bergabung dengan Alexander Zverev dengan prestasi tersebut.

Medvedev selanjutnya akan bertemu unggulan ke-14 Tommy Paul, yang mengalahkan Dominik Koepfer 6-4, 6-4.

Baca juga: Nadal berpotensi hadapi Medvedev pada perempat final Roma
Baca juga: Medvedev percaya diri di tanah liat Madrid setelah menang di Roma

 

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024