Jakarta (ANTARA) - Musim kemarau saat ini menyebabkan suhu menjadi lebih panas dan cara memilih baju pun perlu disiasati, karena menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sebagian besar wilayah di Indonesia diprediksi mengalami awal musim kemarau 2024 pada Mei.

 Selanjutnya BMKG menyatakan bahwa puncak dari musim kemarau ini terjadi pada Juli dan Agustus.

Head of Fashion Category Tokopedia Aldhy Darmayo mengatakan hadirnya "Senin Selasa Stylish" adalah untuk mempermudah masyarakat mendapatkan berbagai produk fashion, termasuk baju yang cocok untuk musim kemarau yang panas.

Baca juga: Shop Tokopedia capai hasil yang positif selama Ramadhan 2024

Baca juga: Tokopedia catat 3 kategori terlaris selama “Ramadhan Ekstra Seru”


“Di halaman kampanye itu, masyarakat bisa mengakses beragam produk fesyen wanita, pria, anak maupun Muslim dengan penawaran khusus, seperti diskon hingga 90 persen, yang bisa membuat belanja lebih murah,” kata Aldhy melalui keterangan tertulis yang diterima, Selasa.

Pada Shop | Tokopedia pada aplikasi TikTok, dress, gamis dan jeans menjadi beberapa produk fesyen yang mengalami kenaikan tertinggi transaksi sebesar rata-rata hampir dua kali lipat (data Maret 2024 dibandingkan Februari 2024).

Sedangkan, pada kuartal I 2024 dibandingkan kuartal IV 2023, busana Muslim keluarga, baju koko, dan cheongsam menjadi beberapa produk fesyen yang mengalami kenaikan tertinggi transaksi di Tokopedia dengan rata-rata hampir lima kali lipat.

Inspirasi baju musim panas dari Tokopedia dan Shop | Tokopedia, cocok untuk OOTD.

Kini sudah ada lebih dari 21 juta penjual di Tokopedia sekaligus Shop | Tokopedia pada aplikasi TikTok dan hampir 100 persen pelaku UMKM termasuk yang bergerak di bidang fashion.

Tokopedia dan Shop | Tokopedia membagikan tips mix and match baju yang cocok untuk outfit of the day (OOTD) di panasnya musim kemarau, lengkap dengan rekomendasi brand lokal penyedia produk fesyen yang relevan, berikut ini:

1. Hindari pakaian ketat.
Pakaian yang ketat mengurangi sirkulasi udara dan membuat tubuh lebih cepat berkeringat. Di musim kemarau yang panas, pilih pakaian longgar. Perempuan bisa memilih atasan sebagai atasan dan celana kulot, sedangkan laki-laki dapat memakai oversized t-shirt dan celana chino.

Di halaman kampanye Senin Selasa Stylish di Tokopedia dan Shop | Tokopedia, terdapat beragam pilihan blouse dan kulot dari berbagai brand fesyen lokal, salah satunya Cammomile. Sedangkan untuk oversized t-shirt dan celana chino yang stylish dan terjangkau bisa didapatkan di brand fashion lokal, seperti Dobujack asal Bandung.

2. Pilih baju yang menyerap keringat.
Aldhy mengatakan untuk menghadapi musim kemarau yang panas, kenakan pakaian berbahan ringan yang menyerap keringat, seperti katun, linen, dan rayon.

“Bahan ini memungkinkan pori-pori kulit bernapas lebih leluasa. Ada banyak brand lokal di Tokopedia dan Shop | Tokopedia yang menyediakan baju dengan bahan ringan yang menyerap keringat,” ujar Aldhy.

Misal, Rown Division Store dan Lozy Hijab. Brand lokal yang masing-masing berasal dari Solo dan Tasikmalaya ini menyediakan berbagai pilihan pakaian dengan bahan linen dan katun berdesain kekinian sehingga bisa membuat style tetap fashionable walau harus menerjang hawa panas setiap hari di musim kemarau.

3. Pakai pakaian berwarna cerah.
Pakaian berwarna cerah lebih bisa memantulkan cahaya matahari dan menjaga suhu tubuh tetap sejuk, maka di musim panas, pakailah pakaian berwarna cerah, seperti putih, kuning, dan abu-abu muda.

Masyarakat bisa mendapatkan pakaian cerah dan trendy dari berbagai brand lokal yang ada di Tokopedia dan Shop | Tokopedia, misalnya Marveile dan Ryusei (Bandung).

4. Gunakan aksesoris pelindung.
Selain sunscreen, aksesoris seperti topi, kacamata hitam dan jaket berbahan parasut bisa melindungi tubuh dari panasnya sinar matahari di musim kemarau terutama saat beraktivitas di luar ruang.

Berbagai aksesoris pelindung dari sinar matahari bisa dibeli di sejumlah brand lokal di Tokopedia dan Shop | Tokopedia. Contohnya, Minimal (Tangerang), Otsky (Bandar Lampung) dan Rown Division Store (Solo) yang menyediakan pilihan produk, seperti kacamata, topi dan jaket parasut.

Masyarakat bisa menyesuaikan berbagai aksesoris ini dengan style berpakaian agar tetap stylish dan fashionable meskipun saat panas.

5. Bawa baju ganti
Siapkan pakaian ganti terutama jika akan seharian beraktivitas di luar ruangan. Ini untuk mengantisipasi basahnya pakaian karena terkena keringat yang berlebihan.

Banyak brand lokal di Tokopedia dan Shop | Tokopedia yang menyediakan beragam model pakaian yang dapat dijadikan sebagai baju ganti, seperti kemeja dan kaus, masing-masing dari Hijab Chic (Bandung) dan Matsuda Apparel (Jakarta).

Baca juga: Biaya layanan lokapasar naik, UMKM diimbau fokus genjot penjualan

Baca juga: Tiktok-Tokopedia disebut buka ruang pasar yang lebih luas bagi UMKM

Baca juga: Tokopedia dorong peningkatan bisnis ramah lingkungan

 

Pewarta: Putri Hanifa
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024