Manado (ANTARA) - Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Utara (Sulut) Steven Kandouw melepas sebanyak 712 jamaah calon haji (JCH) asal provinsi setempat.

"Semoga kembali dengan haji yang mabrur," kata Steven saat melepas JCH asal Sulut,di Asrama Haji Tuminting, Manado, Senin malam.

Wagub mengatakan ibadah haji ini merupakan jihad umat Islam untuk menuju kebaikan.

Ia menjelaskan pentingnya menjaga fisik, karena cuaca di Arab Saudi berbeda dengan Indonesia.

Jika jamaah membutuhkan bantuan, jangan segan untuk meminta tolong kepada petugas haji.

Ibadah haji merupakan kewajiban umat Islam bagi yang mampu melaksanakannya, dalam arti mampu dari aspek fisik, maupun biaya perjalanannya selama berada di tanah suci dan biaya bagi keluarga yang ditinggalkan.

"Semoga menjalankan ibadah haji dengan lancar, dijauhkan dari bahaya, dan pulang dengan selamat bertemu keluarga," kata Steven.

Baca juga: Ratusan jamaah calon haji Karawang mulai diberangkatkan ke tanah suci

Kakanwil Kemenag Sulut H Sarbin Sehe mengatakan kuota Sulawesi Utara berjumlah 713 jamaah dan tahun 2024 ini mendapatkan tambahan kuota sejumlah 20 jamaah sehingga semestinya kuota Sulawesi Utara menjadi 733 jamaah.

Namun sampai pada pelunasan tahap akhir yang melunasi hanya 722 jamaah, dari 722 jemaah ada 9 jamaah yang mutasi keluar dan 1 jamaah mutasi masuk, sehingga total jemaah menjadi 714 dan dan terakhir ada 2 orang jamaah karena alasan sakit menyatakan mundur sehingga total jamaah yang siap berangkat saat ini berjumlah 712 jamaah.

Baca juga: Bupati Cianjur lepas 440 calon haji menuju tanah suci

Pewarta: Nancy Lynda Tigauw
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024