Jakarta (ANTARA) - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mencatat pergerakan penumpang yang dilayani sebanyak 26.122 orang melalui dua lintasan penyeberangan utama Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk periode Rabu (8/5) hingga Minggu (12/5).

Selain itu bertepatan momen libur dan cuti bersama Hari Kenaikan Yesus Kristus yang jatuh pada Kamis (9/5) itu BUMN jasa penyeberangan sungai dan laut tersebut juga melayani 125.950 unit kendaraan.

"Pada bulan Mei pemerintah menetapkan libur nasional dan cuti bersama sebanyak dua kali yang turut mendorong pergerakan masyarakat untuk melakukan perjalanan atau liburan, utamanya menggunakan jalur darat dan penyeberangan," kata Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Kendati tidak terlalu signifikan bila dibandingkan saat libur Hari Raya Idul Fitri 2024, lanjutnya, terdapat kenaikan jumlah trafik kendaraan dan penumpang, bila dibandingkan hari normal.

Mengacu pada data Cabang Merak pada bulan Maret atau periode sebelum Lebaran, jumlah rata-rata kendaraan yang menyeberang saat hari biasa sebanyak 6.066 unit per hari atau turun sebesar 2 persen dibandingkan Maret 2023 sebesar 6.164 per hari.

Sedangkan saat akhir pekan tercatat sebanyak 7.257 unit per hari atau naik sebesar 5 persen dibandingkan periode sama tahun lalu sebanyak 6.932 unit per hari.

Sementara jumlah rata-rata kendaraan yang menyeberang pada Angkutan Lebaran 2024 di saat hari biasa sebanyak 11.992 per hari, sedangkan saat akhir pekan sebanyak 14.511 per hari.

Ia mengungkapkan bahwa tidak terjadi lonjakan yang signifikan terutama di jalur tersibuk lintasan Merak-Bakauheni yang menghubungkan Jawa - Sumatera, maupun lintasan Ketapang - Gilimanuk yang menghubungkan Jawa - Bali.

Selama libur panjang akhir pekan lalu dimanfaatkan sebagian masyarakat untuk berlibur bersama keluarga, lanjutnya, dari hasil pantauan arus kendaraan ramai mengalir namun lancar terkendali. Kapasitas pelabuhan dan kapal juga memadai terhitung mulai Rabu (8/5) malam hingga Minggu (12/5).

Disebutkan, daya tampung pelabuhan dan kapal di Pelabuhan Merak mencapai 36.825 unit kendaraan kecil, diikuti sebanyak 38.128 unit kendaraan kecil di Pelabuhan Bakauheni. Sedangkan di Pelabuhan Ketapang mampu menampung hingga 16.885 unit kendaraan kecil dan di Pelabuhan Gilimanuk mampu menampung sebanyak 16.550 unit kendaraan kecil.

Pada kesempatan itu, ASDP mengapresiasi kepada seluruh pengguna jasa yang telah dengan tertib membeli tiket kapal ferry melalui aplikasi Ferizy dan mengikuti arahan petugas selama dalam perjalanan menyeberang.

"Apresiasi kepada pengguna jasa yang telah mematuhi imbauan agar mempersiapkan perjalanan lebih awal dan telah bertiket saat tiba di pelabuhan," ujar Shelvy.

Baca juga: ASDP angkut 125.950 kendaraan di dua lintasan penyeberangan utama

Baca juga: ASDP imbau pengguna jasa beli tiket sesuai jadwal untuk kelancaran 

Pewarta: Subagyo
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2024