Karawang (ANTARA) - Sebanyak 430 jamaah calon haji asal Kabupaten Karawang, Jawa Barat, dari kelompok terbang (kloter) lima mulai diberangkatkan ke Tanah Suci Makkah pada musim haji tahun ini.

"Jamaah calon haji dari kloter lima ini adalah kloter pertama yang diberangkatkan dari Karawang," kata Kepala Kementerian Agama Karawang Sopyan, saat pelepasan jamaah calon haji di Karawang, Senin.

Ia mengatakan, 430 jamaah calon haji ini dilepas keberangkatannya dari Islamic Center Karawang menuju Embarkasi Bekasi, kemudian keesokan harinya diberangkatkan ke Tanah Suci Makkah melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta..

Menurut dia, pada musim haji tahun ini jamaah calon haji asal Karawang yang diberangkatkan ke Tanah Suci Makkah berjumlah 2.055 orang, dibagi menjadi tujuh kloter. Di antaranya kloter lima, 18, 33, 42, 48, 54 dan kloter 59.

Ia menyampaikan bahwa dari jumlah jamaah calon haji asal Karawang yang mencapai 2.055 orang, ada jamaah calon haji yang paling tua berusia 86 tahun, dan yang paling muda usianya 19 tahun.

"Mudah-mudahan para jemaah semuanya sehat dan menjadi haji yang mabrur dan mabruroh," katanya.

Baca juga: Bupati Cianjur lepas 440 calon haji menuju tanah suci

Bupati Karawang, Aep Syaepuloh mengatakan, pemerintah berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik terhadap jamaah calon haji dalam pemberian fasilitas selama menunaikan ibadah haji di tanah suci.

"Kami juga bersama Forkopimda tentunya ingin berkomitmen memberikan layanan terbaik bagi para jamaah calon haji. Dari proses keberangkatan, kami pilih lokasinya di Islamic Center karena lokasinya strategis.

"Setiap kloter juga ada tim pendamping serta pelayan kesehatan, pesan kami berikan pelayanan yang maksimal kepada para jamaah," kata dia. 

Baca juga: Embarkasi Banjarmasin berangkatkan Kloter 02 dari Kota Banjarmasin 
 

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024